Sukses

6 Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Beberapa jenis buah dengan indeks glikemik rendah yang aman dan berkhasiat dikonsumsi penderita diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Penderita diabetes seringkali menghindari konsumsi buah-buahan tertentu dengan alasan takut membuat kadar gula darah meningkat. Padahal, tidak semua buah membawa efek buruk pada level gula darah penderita diabetes.

Menurut The American Diabetes Association (ADA), buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Buah-buahan tertentu harus menjadi bagian dari pola makan yang dikonsumsi pengidap diabetes, seperti dikutip dari laman Everyday Health, Senin (21/8/2017).

Berikut ini beberapa jenis buah dengan indeks glikemik rendah yang aman dan berkhasiat dikonsumsi penderita diabetes.

1. Berry

Berbagai jenis berry seperti blueberry dan stroberi merupakan buah yang aman untuk pengidap diabetes.

Menurut ADA, berry merupakan makanan super bagi diabetesi karena kaya akan antioksidan, vitamin, fiber dan memiliki tingkat glikemik yang rendah.

Tiga perempat gelas blueberry mengandung 62 kalori dan 16 gram karbohidrat. Anda bisa menjadikan berry sebagai camilan, kombinasikan dengan yogurt rendah lemak.

2. Buah persik

Peach atau buah persik bisa dijadikan sebagai pilihan buah untuk penderita diabetes. Peach mengandung vitamin A, vitamin C, potasium dan serat.

3. Aprikot

Satu buah aprikot hanya mengandung 17 kalori dan empat kilogram karbohidrat. EMpat buah aprikot setara dengan setengah dari kebutuhan vitamin A per hari.

Buah ini juga kaya akan serat yang baik untuk menurunkan berat badan bagi penderita diabetes.

4. Apel

Satu buah apel mengandung 77 kalori dan 21 gram karbohidrat. Apel merupakan sumber serat dan vitamin C. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan penderita diabetes.

5. Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C, satu buah jeruk cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sehari. Jeruk juga mengandung folat dan potasium yang membantu menormalkan tekanan darah.

6. Kiwi

Kiwi mengandung potasium, serat dan vitamin C. Satu buah kiwi mengandung 56 kalori dan 13 gram karbohidrat. Anda bisa menjadikan kiwi salah satu buah yang Anda konsumsi dengan aman.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini