Sukses

Hipertensi pada Anak Sebabkan Gangguan Kognitif

Berdasarkan hasil penelitian, anak-anak yang menderita hipertensi memiliki kecenderungan mempunyai gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik (ADHD).

Liputan6.com, New York: Kasus hipertensi pada anak-anak akan menyebabkan gangguan pada fungsi kognitif. Gangguan tersebut adalah menurunnya kemampuan bocah penderita untuk mencerna pengetahuan jika dibandingkan dengan anak seusianya yang memiliki tekanan darah normal. Demikian kesimpulan sejumlah peneliti Universitas Rochester Medical Center (URMC), New York, Amerika Serikat, yang diumumkan belum lama ini.

Berdasarkan hasil penelitian, anak-anak yang menderita hipertensi memiliki kecenderungan mempunyai gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik (ADHD). ADHD menyebabkan kegiatan anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan, bahkan sering disalahartikan menjadi autis.

"Meskipun retrospektif, hasil penelitian ini menambah daftar bukti adanya hubungan antara hipertensi dengan gangguan kognitif," kata asisten Profesor URMC Heather R. Adams.(ANS/ZeeNews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.