Sukses

Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Lomba 17-an, Ini Manfaatnya

Tak cuma seru, mengikuti lomba-lomba pada Hari Kemerdekaan Indonesia memiliki manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Seperti menjadi tradisi, aneka lomba selalu hadir menyemarakkan kemeriahan Hari Kemerdekaan Indonesia. Mulai dari balap karung, kelereng, makan kerupuk, hingga menangkap belut. Tua, muda, dan anak-anak bakal ikut serta dalam aneka perlombaan yang digelar setiap 17 Agustus ini.

Tak cuma seru, mengikuti lomba-lomba pada Hari Kemerdekaan Indonesia, kata psikolog Tika Bisono, juga memiliki tiga manfaat berikut:

1. Memupuk nasionalisme
Saat lomba, anak-anak bisa melihat ada banyak umbul-umbul serta mulai mengetahui organisasi masyarakat. Lewat aktivitas ini, anak-anak jadi mengetahui apa yang dipelajari di sekolah bisa dirasakan dalam kehidupan bermasyarakat.

2. Keterlibatan keluarga terhadap lingkungan sosial

Lewat perayaan ini, anggota keluarga bisa berinteraksi dengan tetangga lain. Terlebih, bagi yang tinggal di kota-kota besar yang jarang bertemu tetangga.

3. Bersenang-senang
"Ada lomba bagi si tua, si muda, dan anak-anak. Itu semua sifatnya selebrasi atau perayaan," kata Tika.

Saat seseorang senang merayakan Hari Kemerdekaan ada rasa bangga terhadap negaranya sendiri. Perasaan itu memunculkan rasa memiliki terhadap negaranya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini