Sukses

Hebat, Bahan Alami Strawberry Ini Bikin Es Krim Tak Mudah Cair

Para ilmuwan Jepang telah menemukan formula ajaib yang membuat es krim tak mudah mencair.

Liputan6.com, Tokyo Mengonsumsi es krim saat terik matahari kerap jadi pilihan untuk berdamai dengan cuaca panas. Sayangnya, es krim nan lezat itu mudah meleleh beberapa saat setelah terpapar udara terbuka.

Tapi kini para ilmuwan Jepang telah menemukan formula ajaib yang membuat es krim tak mudah mencair. Bahkan formula tersebut ditemukan dalam bahan alami.

Bermula dari para peneliti di Biotherapy Development Research Centre di Kazawa, Jepang yang ingin melihat dampak kandungan polifenol strawberry terhadap sajian penutup. Mereka meminta koki pastri untuk memasukkan polifenol ke dalam hidangan manis. Ternyata tindakan tersebut membuat sajian membeku.

Mengutip laman New York Post, Senin (7/8/2017), profesor emeritus bidang farmasi di Kanazawa University, Tomihisa Ota, mengatakan, "Cairan polifenol memiliki kemampuan mencegah air dan minyak untuk terpisah, sehingga es loli yang mengandung cairan tersebut bisa mempertahankan bentuk aslinya lebih lama dan sulit mencair."

Presiden perusahaan, Takeshi Toyoda pun menguatkan pernyataan tersebut pada Asahi Shimbun. Menurutnya, bentuk es loli yang diberi cairan polifenol akan tetap bertahan meski terpapar udara panas.

Para pewarta Jepang yang mencicipi es loli tersebut membuktikan, es loli tak mudah mencair meski dibawa ke udara terbuka bersuhu sekitar 28 derajat celsius selama lima menit. Dan sensasi dinginnya pun tetap bertahan. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.