Sukses

Hati-hati, Ini Bahaya Berbagi Handuk

Berbagi segalanya dari pakaian tidur hingga handuk menjadi hal yang sering kita lakukan saat menginap.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin berpikir tidak ada salahnya berbagi barang pribadi dengan orang terdekat. Tapi berbagi barang-barang pribadi seperti handuk mungkin bukan ide bagus. Tahukah Anda menyeka wajah dengan handuk yang telah digunakan orang lain bisa menyebabkan jerawat?

Handuk yang telah digunakan lalu dilipat rentan terhadap berkembangnya bakteri. Handuk mungkin terlihat bersih, tapi bisa mengumpulkan banyak debu, kotoran, minyak makeup dan sel kulit mati yang menjadikannya tempat berkembang biak bagi bakteri.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Infection Control mendeteksi bakteri E.coli pada handuk yang digunakan kembali dapat menyebabkan jerawat dan infeksi jamur. Saat Anda menggosokkan handuk ke kulit Anda, bakteri dapat berpindah ke kulit Anda dan berkumpul di pori-pori.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan jika ingin berbagi handuk dengan orang terdekat, seperti yang dilansir dari laman The Health Site, Senin (7/8/2017).

1. Cuci handuk wajah Anda secara teratur dan simpan di tempat yang kering dan berventilasi. Jangan sekali-kali menyimpan handuk di kamar mandi karena lingkungan lembap dan hangat bisa menjadi inkubator bakteri.
2. Pastikan bahwa handuk Anda telah kering sebelum melipatnya.
3. Jangan menggunakan handuk yang sama, di wajah, tubuh dan rambut. Handuk Anda bisa dipenuhi residu dari hair conditioner yang dapat berpindah ke wajah sehingga menyebabkan jerawat.

Sebaiknya bawalah handuk sendiri saat menginap dan jagalah kebersihannya sehingga tidak menyebabkan hal yang tidak diinginkan pada kulit. 

 

Penulis: Michelle Tania 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.