Sukses

Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang mengandung gula tentunya sangat disukai oleh banyak orang. Donat dan cokelat seringkali menjadi camilan saat kita lapar. Namun, kadar gula yang tinggi pada kedua makanan tersebut dapat berdampak bagi kesehatan.

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh, seperti berat badan naik, obesitas, penuaan pada sel-sel otak, dan diabetes.

Kita mungkin tidak sadar seberapa banyak telah mengonsumsi gula. Namun, tak ada salahnya untuk mengenali tanda bahwa Anda telah mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak, seperti yang dilansir dari laman The Health Site, Rabu (2/8/17).

1. Jerawat
Makanan tinggi gula bisa mendatangkan malapetaka pada kulit. Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Academy of Nutrition and Dietetics mengemukakan asupan gula yang tinggi dapat menyebabkan jerawat semakin parah.

2. Sering lapar
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Appetite menunjukkan bahawa asupan gula tinggi dapat mencegah glukosa memasuki sel-sel tubuh. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan cukup energi dan sering merasa lapar.

3. Kelelahan
Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research mengatakan, jika Anda mengemasi makanan dengan gula halus seperti selai roti, Anda dapat merasa lelah sepanjang hari. Jadi jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, coba batasi asupan gula Anda.

4. Kolesterol tinggi
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicinal Food, kolesterol tinggi bisa menjadi pertanda terlalu banyak gula dalam diet Anda. banyaknya gula dapat meningkatkan kolesterol buruk (LDL) dan menurunkan kolesterol jahat (HDL) dalam tubuh.

5. Lemak perut
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, minuman yang mengandung gula dapat membuat berat badan Anda naik, terutama di sekitar lingkar pinggang.

Penulis: Michelle Tania 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.