Sukses

Keramas Setiap Hari Malah Bikin Ketombe Subur

Inilah alasan mengapa Anda tidak boleh mencuci rambut setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang panas membuat kita gampang berkeringat dan menyebabkan rambut mudah berminyak. Kebanyakan orang tidak betah dengan kondisi seperti ini, sehingga mereka kerap keramas setiap hari. Namun, cara ini dianggap salah karena dapat merusak kesehatan rambut.

Terlalu sering keramas membuat rambut menjadi rusak. Rambut akan menjadi mudah rontok dan kering. 

Berikut masalah yang muncul jika Anda keramas setiap hari, seperti yang dilansir dari laman Bustle, Kamis (26/7/17).

1. Menghilangkan minyak alami pada rambut

Memang benar bahwa terlalu banyak minyak bukanlah hal yang baik, tapi beberapa minyak alami sangat penting untuk kesehatan rambut Anda. Terlalu sering mencuci rambut bisa menghilangkan minyak alaminya, sehingga membuatnya lebih kering dan lebih rentan terhadap kerusakan, menurut The Huffington Post.

2. Warna rambut cepat pudar

Setelah keramas biasanya kita menggunakan toner, tapi ternyata hal ini dapat membuat warna rambut menjadi lebih cepat pudar. Jarang mencuci rambut adalah cara terbaik untuk menjaga warna rambut Anda dan mencegah kekeringan.

3. Muncul ketombe

Kombinasi air panas saat mencuci rambut bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering, sehingga menyebabkan ketombe. Everyday Health mengatakan, cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah dengan melewatkan keramas sesekali.

4. Membuat rambut jadi kering

Menurut StyleCaster, keramas setiap hari tidak memberi rambut cukup waktu untuk mengisi kembali minyak alaminya. Alhasil, rambut jadi kering, rapuh, dan ujungnya pecah. Untuk memperbaikinya cobalah mencuci rambut seminggu dua kali.

Penulis: MichelleTania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ketombe atau dandruff berasal dari bahasa Anglo-saxon, yang merupakan gabungan kata yang berarti tetter, yaitu penyakit kulit

    Ketombe

  • Keramas