Sukses

Ajarkan Keberanian pada Anak Lewat Dongeng Asli Indonesia

Merayakan Hari Anak Indonesia, ajarkan keberanian pada anak lewat dongeng asli Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai cara untuk merayakan Hari Anak Nasional, hari yang diadakan untuk merayakan para penerus bangsa. Salah satunya adalah memberi mereka bekal untuk menjadi manusia pemberani.

Menanamkan jiwa berani pada anak bisa dengan beragam cara. Salah satunya dengan ayah ibu mendongengkan dongeng asli Indonesia.

Salah satu dongeng yang menyelipkan pesan moral keberanian adalah Timun Mas. Sosok raksasa mengerikan nan antagonis hadir dalam dongeng ini. Namun ada sosok anak cantik yang berani melawan raksasa tersebut bernama Timun Mas.

"Dari dongeng ini, anak bisa belajar tentang keberanian, kesabaran menghadapi masalah," kata Kakak Budi Baik Budi dari Komunitas Ayo Dongeng Indonesia dalam peringatan Hari Anak Nasional di Museum Indonesia, Jakarta (23/7/2017).

Selain menyesapkan pesan moral, berdongeng juga jadi ajang ayah dan ibu pun juga memiliki waktu berkualitas bersama anak. Untuk bisa berdongeng cukup mau dan punya waktu. Tak perlu merasa tidak punya kemampuan storytelling. Asalkan mau mencoba pasti bisa.

"Kegiatan mendongeng itu mudah dan menyenangkan sebagai alternatif media pembelajaran," kata Kak Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini