Sukses

Rajin Olahraga Saat Hamil Pangkas Risiko Melahirkan Caesar

Studi ilmiah menunjukkan wanita hamil yang tetap olahraga saat hamil besar kemungkinan melahirkan secara normal.

Liputan6.com, Jakarta Jangan tinggalkan olahraga saat hamil. Studi ilmiah menunjukkan, wanita hamil yang tetap olahraga saat hamil besar lebih mungkin melahirkan secara normal.

Menurut peneliti dari Inggris, bila saat hamil ibu tetap aktif dan menjalankan diet sehat seimbang membuat berat badan tidak naik signifikan. Dengan kenaikan berat badan normal selama hamil menurunkan risiko melahirkan caesar hingga 10 persen.

"Dari 40 wanita yang menjalankan diet sehat dan olahraga moderat saat hamil, hanya ada satu wanita yang melahirkan dengan operasi caesar," kata Profesor Shakila Thangaratinam dari Queen Mary University of London, Inggris mengutip Boldsky, Sabtu (22/7/2017).

Menurut Shakila, temuan ini penting untuk meyakinkan ibu agar tak perlu takut berolahraga. Asalkan olahraga dilakukan dalam level moderat tidak akan membahayakan janin.

Satu lagi, rutin olahraga saat hamil menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan berlebih. Bila berat badan bayi normal, kecil kemungkinan dia bakal memiliki berat badan berlebih nantinya.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini