Sukses

Orang yang Ditinggal Bunuh Diri Bisa Ingin Lakukan Hal Serupa

Ada kecenderungan seseorang terdekat yang ditinggal dengan cara bunuh diri mencoba melakukan hal sama.

Liputan6.com, Jakarta Banyak penggemar Linkin Park berspekulasi penyebab Chester Bennington bunuh diri. Salah satu spekulasi, vokalis Linkin Park ini memutuskan bunuh diri karena ingin bersama Chris Cornell.

Chris Cornell, yang merupakan vokalis Audioslave merupakan sahabat baik Chester Bennington. Pada 17 Mei lalu Chris meninggal karena bunuh diri.

Belum diketahui kebenaran Chester bunuh diri karena ingin menyusul Chris Cornell atau tidak. Satu hal yang pasti, studi ilmiah dari Inggris menyebutkan ada kecenderungan seseorang terdekat yang ditinggal dengan cara bunuh diri mencoba melakukan hal yang sama.

Menurut studi yang dipimpin Alexandra ­Pitman dari University College London­ menyebutkan sekitar 65 persen kemungkinan orangtua atau anak atau saudara atau teman dari ditinggal mencoba melakukan bunuh diri.

Fakta ini terungkap setelah peneliti menganalisis 3.400 orang yang baru saja kehilangan teman atau anggota keluarga yang meninggal dengan cara biasa atau tidak biasa. Dari 614 orang yang ditinggal karena bunuh diri, sekitar sembilan persen mencoba melakukannya seperti mengutip The Australian, Jumat (21/7/2017).

"Belum diketahui dengan jelas alasan bunuh diri bisa berdampak buruk pada keluarga atau teman seperti ini. Bisa jadi karena rasa duka menimbulkan depresi mendalam pada orang yang ditinggalkan dibanding bentuk kematian lain," kata Pitman.

Ada kemungkinan juga, kata Pitman, bunuh diri menginspirasi saudara atau keluarga lain (fenomena ini dikenal dengan 'suicide contagion'). Namun hal ini perlu verifikasi dengan analisis mendalam.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.