Sukses

Hindari Minum Jus Jeruk Bali Bersamaan dengan Obat

Sebaiknya, jangan minum jus jeruk bali bersamaan dengan obat.

Liputan6.com, Jakarta Ahli kesehatan menunjukkan, jus jeruk bali (grapefruit) tidak boleh diminum bersamaan dengan obat-obatan tertentu, terutama obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

Anda juga harus memerhatikan bila mengalami tekanan darah tinggi atau aritmia (denyut jantung tidak teratur atau tidak normal), maka berbahaya bagi kesehatan.

Food and Drug Administration Amerika Serikat melaporkan, minum jus jeruk bali memang sehat. Hal ini karena kandungan vitamin C dan kalium--yang membantu kinerja jantung.

Namun di sisi lain, bila diminum bersamaan dengan obat akan memengaruhi pengobatan. Obat untuk mengobati penyakit tertentu jadi tidak bekerja efektif bila Anda mengonsumsinya bersamaan dengan jus jeruk bali. Anda pun tidak dapat sembuh dengan segera.

Dilansir dari WSPA, Kamis (20/7/2017), beberapa obat seperti statin, yang berperan menurunkan kolesterol tidak akan bekerja efektif pada tubuh bila diminum bersamaan dengan jus jeruk bali. Jus jeruk bali akan menghambat enzim yang dihasilkan dari statin.

Ada pula allegra (fexofenadine), obat untuk mengatasi alergi. Jus jeruk bali dapat menghambat perpindahan sel tubuh sehingga tidak mampu mengobati gejala alergi bila diminum bersamaan dengan obat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.