Sukses

Cara Seimbangkan Hormon Wanita Tanpa Obat

Beberapa herbal dapat membantu wanita dalam menyeimbangkan hormon.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda jika hormon dapat mempengaruhi orang dalam cara yang berbeda-beda? Bahkan hormon mampu mempengaruhi mood dan menjaga badan tetap sehat.

Hormon adalah sebuah bagian dari sistem endokrin dan memiliki sebuah efek dalam proses yang berbeda-beda seperti metabolisme, reproduksi dan fungsi seksual. Kelenjar endrokrin (pankreas, thymus, thyroid dan kelenjar adrenal) merupakan kelompok sel yang memproduksi hormon.

Bagaimanapun, jika Anda sedang merasa stres dan tidak menjalankan pola makan yang layak, seperti tidak memakan jenis makanan yang tepat, ada kemungkinan Anda menderita ketidakseimbangan hormon.

Pada dasarnya, ada dua tipe hormon yang mempengaruhi kesehatan wanita, yaitu hormon stres dan hormon seks. Bila kedua hormon tersebut tak seimbang, maka kesehatan wanita pun menjadi terganggu.

Dilansir dari laman Boldsky, Rabu (19/7/2017) berikut ini cara alami menyeimbangkan hormon wanita tanpa obat-obatan.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang penting untuk memproduksi hormon. Meminum 3 sendok makan ekstrak minyak kelapa murni secara rutin dapat membantu menyeimbangkan hormon.

2. Daun saga

Daun saga telah digunakan secara tradisional untuk menormalkan sistem reproduksi wanita. Daun saga berguna untuk mengatur kelancaran menstruasi dan meredakan gejala menopause.

Konsumsi daun saga dengan ramuan berikut, kemas stoples dengan saga segar dan tutupi dengan madu. Pastikan rendam minimal 3 hari atau lebih lama. Anda kemudian dapat menggunakan ramuan ini untuk teh herbal atau makanan manis lainnya. Ini digunakan sebagai dorongan restoratif.

3. Minyak lavender

Minyak lavender dianggap sebagai minyak serbaguna yang banyak digunakan untuk berbagai kondisi. Ini digunakan untuk masalah pencernaan, nyeri, nyeri otot dan bahkan kelainan kulit.

Minyak lavender memiliki sifat yang membantu dalam menyeimbangkan hormon dan bahkan memberikan penghilang rasa sakit (gejala menstruasi). Gosokkan pada perut Anda saat menghadapi periode menstruasi yang menyakitkan. Ini membantu mengurangi ketegangan dan hiperaktif.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.