Sukses

Malas Mandi? Hati-Hati, 4 Masalah Kesehatan Mengintai

Kita semua tahu bahwa mandi itu rutinitas penting yang wajib dilakukan. Namun, banyak juga orang yang enggan mandi karena alasan malas.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua tahu bahwa mandi itu rutinitas penting yang wajib dilakukan. Namun, banyak juga orang yang enggan mandi karena alasan malas. Padahal, tanpa disadari penyakit akan lebih senang bersarang di tubuh orang yang malas mandi.

Tidak mandi bukan hanya menyebabkan bau tak sedap, tetapi juga membuat beberapa penyakit kulit menghampiri Anda. Seperti dikutip laman Bustle, Minggu (2/7/2017), tubuh yang kotor akan mempermudah bakteri dan kuman menyerang tubuh.

Menurut beberapa ahli dermatitis, khususnya penduduk Amerika mungkin jarang mandi karena udara yang cenderung dingin. Namun, para ahli tetap merekomendasikan agar semua individu mandi dua kali sehari. Sebab, jika tidak beberapa masalah berikut ini akan mengintai Anda.

1. Bakteri baik tidak berfungsi

Tubuh memiliki banyak bakteri, khususnya juga di kulit. Meski sebagian dari mereka baik, jika Anda membiarkan kuman duduk di tubuh berhari-hari, justru akan merusak fungsi dari bakteri baik tersebut.

Tidak mandi akan membuat bakteri jahat menduduki area di mana bakteri baik yang berfungsi mengadang bakteri jahat itu sendiri. Selain itu, tidak mencuci tubuh khususnya mata, hidung, dan mulut akan mempermudah tubuh menjadi sakit.

2. Infeksi kulit

Selain kuman dan bakteri, tidak mandi juga bisa menyebabkan infeksi kulit.

3. Sel kulit mati menumpuk

Tidak membersihkan tubuh dari kotoran dan keringat dapat menyebabkan menumpuknya sel kulit mati di seluruh tubuh Anda.

4. Dermatitis neglecta

Membiarkan tubuh tidak mandi berhari-hari akan menimbulkan bercak cokelat atau putih di tubuh yang dikenal dengan dermatitis neglecta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.