Sukses

Perubahan Aneh Pria Setelah Menikah

Jika Anda pikir pria akan mengalami perubahan setelah menikah, Anda mungkin benar.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pikir pria akan mengalami perubahan setelah menikah, Anda mungkin benar. Bukan karakter atau kebiasaannya yang berubah, melainkan perubahan fisik alias kenaikan berat badan.

Hal ini dibuktiikan oleh sebuah studi baru yang diterbitkan dalam journal Families, Systems, & Health.

Menurut peneliti, studi dilakukan dengan menganalisis data dari Project EAT yang melakukan polling terhadap 1.853 orang dewasa. Ternyata, 25 persen pria yang sudah menikah memiliki kelebihan berat badan daripada mereka yang single.

Lantas mengapa pria menikah cenderung punya berat badan berlebih? Peneliti beranggapan, mereka mungkin merasa lebih nyaman dengan hubungan mereka. Hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya dari Universitas Tallinn di Estonia yang menunjukkan bahwa dalam hubungan yang bahagia berkaitan dengan penampilan.

"Memiliki seseorang yang mencintai dan mendukung Anda akan mengubah penampilan Anda meskipun hanya sebagian kecil," kata peneliti, seperti dimuat Womenshealthmag, Jumat (23/6/2017).

Melansir Forbes, Joanna Syrda dari University of Bath juga melakukan penelitian terkait hubungan pria yang sudah menikah dan berat badannya. Dia menganalisis data dari lebih 8.700 pria yang merupakan bagian dari Panel Study of Income Dynamics (PSID).

Selama penelitian, ada 24% pria menikah, 12% bercerai, dan 39% telah menjadi ayah.

Ternyata pria menikah itu rata-rata memiliki berat tiga pon lebih banyak dari pria yang single. Bagi pria yang sudah menikah, tidak ada kenaikan berat badan saat istri mereka hamil, tetapi sedikit meningkat pada tahun-tahun awal setelah anak mereka lahir.

Menariknya, pria kehilangan beberapa kilo sesaat sebelum dan sesudah perceraian. Penulis mencatat bahwa ini mungkin berkaitan dengan kondisi psikologisnya.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.