Sukses

Penderita Rematik, Sebaiknya Banyak Makan Ikan

Orang dengan rematik atau artritis reumatoid (RA) yang makan ikan dua kali seminggu, masalah sendi berkurang.

Liputan6.com, Jakarta Penderita rematik atau artritis reumatoid (AR) sebaiknya rutin makan ikan. Konsumsi ikan seminggu dua kali akan mengurangi pembengkakan dan masalah sendi dibandingkan yang tidak makan ikan.

Mengutip Time, Kamis (22/6/2017) orang dengan kondisi rematik yang makan ikan dua kali seminggu memiliki skor setengah lebih rendah merasakan sakit dibanding yang tidak makan ikan. "Dengan kondisi seperti itu, kami berharap pasien merasa lebih baik," kata penulis utama studi, Sara Tadeschi dari Brigham and Women’s Hospital, Amerika Serikat.

Manfaat ikan kemungkinan berasal dari kandungan omega-3 yang ada di dalamnya. Ini merupakan asam lemak yang bersifat antiperadangan. 

Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Dalam studi yang dipublikasikan di Arthritis Care & Research, peneliti menganalisis 176 orang rematik atau artritis reumatoid dengan kebiasaan makan ikan. Seberapa sering makan tuna, salmon, sarden yang dimakan mentah, dikukus, atau dipanggang. Peneliti sengaja tidak mempertimbangkan ikan yang digoreng karena cenderung mengandung asam omega 3 yang rendah.

 

Saksikan juga video menarik berikut

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini