Sukses

5 Makanan Otak agar Tak Mudah Pikun

Berikut jenis makanan yang baik bagi kesehatan otak.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang tepat akan berdampak positif pada kesehatan. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, jenis makanan tertentu juga bisa menyehatkan otak dan meningkatkan daya ingat kita.

Dilansir dari laman Purewow, Selasa (20/6/2017), penulis buku Three Steps to a Healthier You, Alissa Rumsey, membeberkan beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan otak.

1. Blueberry

Studi yang dimuat dalam Journal of Neuroscience menemukan, blueberry bisa menunda penurunan memori jangka pendek. Buah ini kaya antioksidan sehingga mampu melindungi otak dari inflamasi.

Mengonsumsi dua setengah cangkir blueberry setiap minggu ampuh meningkatkan daya ingat Anda, Rumsey menyarankan.

2. Ikan

Lemak ikan dari salmon, makerel, dan sarden sangat baik bagi kesehatan otak. Asam lemak dari ketika jenis ikan tersebut mengandung vitamin D dan omega-3 yang membuat otak berfungsi optimal.

Tubuh tak selalu memproduksi vitamin D, dan kita pun tak selalu bisa mengandalkan sinar matahari untuk mendapatkan asupan vitamin tersebut sehingga baik untuk mengaksesnya dari nutrisi makanan seperti ikan.

3. Kopi

Anda pencinta kopi? Nah, kafein dalam kopi bisa meningkatkan ingatan jangka pendek dan konsentrasi. Selain itu, kafein juga mengurangi risiko penurunan daya kognitif seiring bertambahnya usia.

"Kafein telah dikaitkan dengan penurunan risiko Alzheimer. Satu studi menunjukkan, peminum kopi memiliki kemungkinan 65 persen lebih sedikit mengembangkan risiko penyakit itu," jelas Rumsey.

Tapi perlu diingat, yang dimaksud adalah kopi hitam tanpa tambahan gula atau krim berlebih.

4. Kacang-kacangan

Menurut studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, vitamin E dapat membantu mencegah penurunan daya kognitif. Anda bisa mendapatkan makanan otak ini dari segenggam kacang-kacangan, terutama almond.

5. Minyak zaitun

"Minyak zaitun mengandung polifenol, antioksidan hebat yang dapat mencegah dan membalikkan penurunan memori karena usia atau penyakit," ujar Rumsey.

Jadi, mulailah tambahkan minyak zaitun dalam sajian masakan atau salad Anda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.