Sukses

Ternyata Tidak Semua Orang Perlu Pakai Deodoran

Tidak semua orang membutuhkan deodoran untuk mengusir bau badan, khususnya mereka yang memiliki gen unik ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang punya masalah bau badan tentu deodoran atau produk wewangian lainnya menjadi benda wajib untuk dipakai sehabis mandi. Tapi nyatanya, tidak semua orang harus pake deodoran, khususnya orang yang punya gen satu ini.

Orang dengan gen yang disebut ABCC11, termasuk orang beruntung karena mereka tidak membutuhkan deodoran. Menurut Santiago Rodriguez, Ph.D, seorang peneliti, gen ini yang menyebabkan ketiak tidak memiliki zat kimia yang bila bercampur dengan keringat menghasilkan aroma tidak sedap.

Menurut Live Science, alaminya, zat kimia pada ketiak yang bertemu dengan keringat, bakteri dan makanan tertentu dapat menghasilkan bau badan. Sementara hal ini tidak terjadi pada orang yang memiliki gen tersebut.

Pada Januari 2013, Ian Day, seorang ahli epidemiologi genetik di University of Bristol, bersama Santiago Rodriguez, PhD, dosen senior genetika populasi dan molekuler di Bristol Genetic Epidemiology Laboratories, turut menulis penelitian terkait deodoran.

Mereka melakukan survei kepada 6.495 wanita. Keduanya menemukan bahwa dua persen peserta sebanyak 117 wanita yang memiliki gen ABCC11, tidak memerlukan deodoran sama sekali dikutip dari Huffington Post, Minggu (18/6/2017).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.