Sukses

PMI Siapkan Helikopter Selama Mudik Lebaran

Tak hanya menyiapkan ambulans, Palang Merah Indonesia (PMI) juga menyiapkan helikopter selama mudik lebaran

Liputan6.com, Jakarta Dalam siaga lebaran tahun ini, Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan 328 ambulans, sebuah helikopter untuk bantuan cepat, 529 Pos Pertolongan Pertama (PP) dan sekitar 7.810 personil yang terdiri dari tenaga dokter, sukarelawan dengan skil pertolongan pertama, dan paramedis. Seluruh personil akan bertugas pada H-7 sampai H+7 lebaran.

"Tim Pos PP PMI akan bertugas memberikan pelayanan medis di tempat yang rawan kecelakaan dilalui pemudik, terminal bis, stasiun kereta api, pelabuhan, tempat wisata atau rekreasi dan dilaksanakan sejak H-7 hingga H+7," kata Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita melalui keterangan pers, Kamis (15/6/2017).

Menurut Ginandjar, sebagian besar pos PP PMI juga akan bekerjasama dengan instansi lain seperti kepolisian, dinas kesehatan, dinas perhubungan, dan lainnya.

PMI juga melakukan pelayanan Pertolongan Pertama bergerak (mobile), dengan menggunakan sepeda motor yang dilakukan di wilayah Jawa Tengah di antaranya;  PMI Kab. Brebes, PMI Kab. Pemalang, PMI Kab. Batang, PMI Kab. Banyumas, PMI Kab. Demak, PMI Kab. Rembang dan PMI Kab. Purworejo. Sementara di wilayah Jawa Timur dilakukan oleh PMI Kab. Pasuruan.

Selain itu, PMI juga akan menyiagakan Unit Transfusi Darah (UTD) dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS PMI Bogor selama 24 jam untuk kegiatan donor darah dan pelayanan medis untuk pasien atau pemudik.

Selama arus mudik, para sukarelawan PMI akan membantu menyebarkan pesan pentingnya keselamatan di jalan raya kepada para pemudik dengan membagikan stiker, brosur, dan kampanye keselamatan di jalan raya (safety road) di media sosial, seperti menggunakan helm dengan benar, jangan menggunakan telepon genggam saat berkendara, beristirahat ketika mengantuk, dan sebagainya.

Untuk membantu pemudik dalam hal memberikan informasi tambahan mengenai masalah pertolongan pertama selama lebaran, PMI menyediakan aplikasi PMI First aid yang bisa diunduh melalui Google play store.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.