Sukses

Ketahui Manfaat Makan Berbungkus Daun Pisang

Mengonsumsi makanan di atas daun pisang selain terasa lebih nikmat serta bebas bahan kimia. Simak penjelasan selengkapnya berikut.

Liputan6.com, Jakarta Di era modern, beberapa tempat makan menyajikan makanan di atas piring yang dialasi daun pisang. Bahkan, ada beberapa restoran yang menyajikan makanan langsung di atas satu lembar daun pisang. Walau terkesan 'ndeso' , ada sensasi nikmat tersendiri saat makan di atas daun pisang.

Berikut empat fakta manfaat makan di atas daun pisang yang selama ini jarang kita ketahui. Berikut selengkapnya seperti mengutip India Times, Selasa (12/6/2016).

1. Sehat

Lapisan daun pisang mengandung senyawa polifenol seperti epigallocatechin gallate yang biasa ditemukan dalam teh hijau. Nah polifenol merupakan antioksidan alami yang melawan radikal bebas.

2. Membuat makanan jadi lebih lezat

Setelah dibungkus daun pisang, Garang Asem dikukus selama 15 menit.

Daun pisang memiliki lapisan seperti lilin yang ketika ditaruh makanan akan membuat terasa lezat. Apalagi jika makanan panas diletakkan di atas daun pisang, lapisan tersebut seakan menyatu dengan makanan dan membuat aneka makanan jadi terasa lebih lezat.

3. Ramah lingkungan

Banyak orang menggunakan plastik atau stereofoam saat membeli makanan. Namun, ketika menggunakan daun pisang sebagai pembungkus itu lebih eco-friendly atau ramah lingkungan. Daun pisang dalam waktu singkat akan cepat terurai, sementara plastik butuh waktu ratusan tahun.

4. Bebas bahan kimia

Piring dan gelas dicuci menggunakan sabun, bisa jadi senyawa kimia masih tertinggal kemudian terkontaminasi dengan makanan. Sementara, daun pisang hanya perlu dibersihkan dengan air lalu di lap dengan kain bersih dan sudah bisa digunakan sebagai piring.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.