Sukses

Bawang Merah Efektif Bunuh Sel Kanker

Makan bawang merah untuk mencegah timbulnya sel kanker.

Liputan6.com, Ontario, Kanada Bawang merah disebut mampu membunuh sel kanker. Kandungan quercetin--sejenis antioksidan--yang tinggi pada bawang merah ampuh melawan sel kanker. Ini merupakan hasil penemuan dari penelitian yang dilakukan Suresh Neethirajan dan mahasiswa S3 dari University of Guelph, Kanada, Abdulmonem Murayyan.

Jenis bawang merah yang diteliti menggunakan bawang merah yang ditanam di Ontario, Kanada. Hal ini dikarenakan bawang merah di Ontario memiliki tingkat senyawa antioksidan yang tinggi dibandingkan bawang merah dari beberapa negara lain di dunia.

Studi yang dipublikasikan dalam Food Research International pada 7 Juni 2017 menguji quercetin terhadap sel kanker usus besar.

"Kami menemukan bawang merah sangat bagus untuk membunuh sel kanker. Senyawa tersebut memberikan efek kematian sel kanker," kata Murayyan, dikutip dari Science Daily, Jumat (9/6/2017).

Para peneliti juga menemukan, bawang merah sangat efektif untuk membunuh sel kanker payudara. Untuk itu, perlu tahap lebih lanjut menguji kekuatan bawang merah dalam melawan kanker pada percobaan manusia.

Anda bisa memasukkan makanan super ini ke dalam salad dan burger sebagai tindakan pencegahan terhadap kemunculan sel kanker.

Selain itu, ekstrak bawang merah juga bisa  ditambahkan ke produk makanan, seperti jus dan dijual dalam bentuk pil untuk pengobatan kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.