Sukses

Tanda Awal Kanker Seperti Dialami Aktor James Bond, Roger Moore

Faktanya, banyak orang tidak mengetahui pasti tanda awal kanker seperti yang dialami aktor James Bond, Roger Moore

Liputan6.com, Jakarta Aktor legendaris Inggris yang pernah membintangi James Bond, Roger Moore, tutup usia pada usia 89 tahun pekan lalu. Tiga anaknya, Deborah, Geoffrey, dan Christian Moore mengatakan, ayahnya meninggal di Swiss setelah berjuang melawan kanker.

Jenis kanker yang mengakibatkan kematiannya hingga saat ini belum diketahui pasti. Namun dia sempat menderita kanker prostat pada 1993. Tragisnya, jenis kanker ini merupakan tipe yang paling umum diderita oleh pria di dunia setelah kanker paru-paru.

Meski banyak memakan korban jiwa, faktanya banyak orang tidak mengetahui pasti tanda awal kanker yang perlu diwaspadai.

Berikut beberapa tanda yang tak boleh Anda abaikan untuk mencegah kanker berkembang menjadi stadium lanjut, seperti dilansir Daily Star, Senin (29/5/2017):

1. Penurunan berat badan yang tiba-tiba

Jika Anda melakukan diet atau olahraga, wajar bila kemudian kehilangan berat badan. Tapi jika Anda sama sekali tidak mengubah gaya hidup dan berat badan terus menurun, ini bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius.

2. Sering kehabisan napas

Olahraga dengan intensitas tertentu bisa membuat kehabisan napas. Tapi jika Anda merasa lebih sesak daripada biasanya, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

3. Batuk atau suara serak yang terus-menerus

Batuk, dalam sebagian besar kasus sangat umum dan tidak berbahaya. Tapi jika terus berlanjut selama lebih dari tiga minggu atau semakin parah, periksakan diri.

4. Diare atau konstipasi

Ini bisa disebabkan oleh keracunan makanan. Tapi jika Anda mengalami masalah ini selama empat hingga enam minggu atau lebih, maka beritahu dokter Anda.

5. Tahi lalat yang tidak biasa

Tahi lalat dengan bentuk tidak beraturan bisa menjadi tanda awal kanker.

6. Darah dalam urine atau feses

Penyebab paling umum dari darah di feses Anda adalah wasir, tapi itu juga bisa menjadi pertanda kanker.

7. Gumpalan atau pembengkakan yang tidak biasa di mana saja

Pastikan Anda memeriksakan diri bila merasakan benjolan atau pembengkakan yang tidak biasa pada tubuh. Cara terbaik untuk memeriksa benjolan di payudara atau testikel misalnya adalah dengan mengetahuinya saat mandi.

8. Sakit yang tidak kunjung sembuh

Luka terbuka yang tidak pernah sembuh adalah kemungkinan tanda kanker lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini