Sukses

Kapan Hari Terbaik untuk Memulai Diet?

Liputan6.com, Jakarta Kapanpun Anda merasa perlu mengubah gaya hidup dan menerapkan diet agar tubuh lebih sehat, sebaiknya lakukan segera.

Senin sebagai hari permulaan dalam seminggu disebut-sebut salah satu hari yang tepat untuk memulai diet. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Wharton School, University of Pennsylvania.

"Senin akan jadi hari yang tepat untuk mengawali diet," ujar Hengchen Dai, rekan penulis studi yang juga mahasiswa doktoral di University of Pennsylvania.

Psikolog Ann Kearney-Cooke juga setuju bahwa Senin mampu memotivasi orang melakukan sesuatu. "Menurut saya, (Senin) memberi suntikan energi pada orang-orang," kata Kearney-Cooke dari Cincinnati Psychotherapy Institute.

Meski begitu, Senin pun memiliki kekurangan. Karena begitu bersemangat mengubah gaya hidup, biasanya orang akan bangun lebih awal dan memacu seluruh energi di awal minggu. Ini akan menyebabkan mereka "kedodoran" pada pertengahan minggu.

Bila Anda sudah tak mampu lagi bertahan ketika memasuki Kamis, sebaiknya jangan tunggu Senin untuk kembali bersemangat diet. Demikian saran Kearney Cooke, mengutip laman Today, Jumat (26/5/2017).

"Kunci untuk berubah terletak pada makanan berikutnya atau hari berikutnya untuk memulai kembali," ucap Kearney-Cooke.

Selain Senin, hasil penelitian Wharton School menunjukkan hari ulang tahun, hari pertama di bulan apa pun, awal musim atau awal semester, serta tahun baru jadi saat yang tepat untuk memulai diet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.