Sukses

5 Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin

Liputan6.com, Jakarta Mandi air hangat di pagi hari memang terasa menyenangkan. Tubuh jadi lebih rileks. Tapi ternyata mandi air dingin di pagi hari lebih menguntungkan bagi kesehatan.

Apa saja manfaat mandi pagi dengan air dingin? Berikut lima hal positif yang bisa Anda dapatkan dari mandi dengan air dingin, melansir laman Purewow, Jumat (26/5/2017).

1. Lebih baik dari kafein

Mandi dengan air dingin di pagi hari memberi dampak menyegarkan sehingga tubuh lebih terjaga. Suhu dingin air akan "mengejutkan" tubuh dan meningkatkan detak jantung sehingga memicu peredaran darah ke seluruh tubuh lebih cepat.

Kabar baiknya, Anda tak perlu setiap pagi mandi air dingin untuk mendapatkan manfaatnya. Bila Anda menggunakan air hangat dan lalu mengakhirinya dengan air dingin pun sudah cukup untuk membuat tubuh lebih terjaga.

2. Membuat rambut dan kulit lebih indah

Air panas atau hangat cenderung membuat kulit kering. Sementara air dingin mampu menyejukkan tubuh, mengurangi sembab, serta mengecilkan pori dan mengunci kelembapan. Anda akan mendapat kulit dan rambut yang lembut dan segar.

3. Memungkinkan turun berat badan

Ketika kita kedinginan, lemak cokelat menjadi aktif dan membakar kalori untuk membuat tubuh tetap hangat.

Sebuah studi yang dilakukan di negara Skandinavia menemukan, paparan suhu dingin pada tubuh meningkatkan kadar metabolisme lemak cokelat hingga 15 kali yang mampu membuat Anda turun berat badan kurang lebih 4kg dalam setahun.

4. Menjadi lebih bahagia

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Medical Hypotheses menemukan, mandi air dingin selama dua hingga tiga menit selama lebih dari dua minggu mampu meningkatkan mood jadi lebih baik. Peneliti bahkan menyarankan bahwa mandi air dingin bisa digunakan untuk mengatasi depresi.

5. Meningkatkan sistem imunitas

Studi yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University menunjukkan, manid dengan air dingin secara teratur bisa meningkatkan kadar sel darah putih.

Studi ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan di Jerman yang menemukan, individu yang mandi air dingin selama dua menit tak mudah terkena flu dibandingkan mereka yang mandi dengan air hangat.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini