Sukses

Kim Woo Bin Kena Kanker Nasofaring, Gejalanya?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu aktor tampan Korea, Kim Woo Bin, didiagnosis kanker nasofaring. Agensi yang menaunginya, Sidus HQ, menerangkan soal penyakit yang mendera aktor yang ikut bermain dalam serial drama The Heirs ini.

Menurut keterangan perwakilan Sidus HQ, Kim Woo Bin merasa ada yang tak beres dengan tubuhnya. Dirinya pun memutuskan untuk ke dokter. Hasilnya, ditemukan ada sel-sel kanker di area nasofaring.

"Kim Woo Bin baru-baru ini merasa ada yang tidak normal dengan tubuhnya di sela-sela jadwal padat. Dia memutuskan pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri. Diagnosis dokter, dia terkena kanker nasofaring," kata perwakilan Sidus HQ pada 24 Mei 2017 seperti mengutip Soompi, Rabu (24/5/2017).

Kim Woo Bin (Pinterest)

Untungnya, kanker nasofaring yang menyerang Woo Bin baru stadium awal. Sehingga dalam waktu dekat dia akan mendapatkan terapi radiasi dan mengonsumsi obat-obatan. Dipastikan dia akan menunda semua jadwalnya untuk fokus menjalani pengobatan secara intensif.

Kanker nasofaring merupakan kanker atau tumor ganas yang berada di daerah nasofaring. Daerah nasofaring berada di balik rongga hidung dan di atas rongga mulut. Letaknya yang tersembunyi sehingga amat sulit untuk dideteksi dini bila ada kanker nasofaring. 

Menurut dokter spesialis telinga hidung tenggorokan, Marlinda Adham, gejala awal kanker nasofaring sangat mirip dengan keluhan infeksi saluran napas atas. Selain itu, ada juga gejala hidung tersumbat, mimisan, telinga berdenging, atau telinga yang rasanya penuh seperti saat sedang pilek seperti diungkapkan dokter Marlinda.

"Namun, (bila merasa gejala itu) jangan paranoid terlebih dahulu," kata dokter Marlinda dalam program Dokter Bicara Kanker di Liputan6.com ditulis Rabu (24/5/2017).

Jika sudah 2-3 kali berobat ke dokter tapi keluhan menetap seperti keluhan telinga berdengung masih ada dan mimisan bertambah banyak. Lalu tidak ada infeksi hidung, harus segera dirujuk ke dokter spesialis telinga hidung tenggorokan untuk kembali dievaluasi.

"Dokter THT akan melihat dengan nasoendoskopi untuk melihat tumor di nasofaring atau tidak," katanya.

Dengan pemeriksaan nasoendoskopi, dokter bisa menegakkan diagnosis apakah terkena kanker nasofaring seperti yang dialami Kim Woo Bin atau tidak.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini