Sukses

Rajin Olahraga Malah Jerawatan, Apa yang Salah?

Liputan6.com, Jakarta Rajin olahraga, kok jadi jerawatan? Bukan olahraga penyebabnya. Bisa jadi suplemen protein yang Anda konsumsi, terutama protein whey yang mengganggu kulit Anda.

Meskipun belum ada studi pasti yang secara konkret menyebutkan protein whey bertanggung jawab terhadap munculnya jerawat Anda, itu bisa menjadi alasan yang sama.

Whey protein terdiri dari whey, produk sampingan dari susu sapi. Seringkali produk susu bisa menjadi penyebab jerawat. Ada penelitian yang menunjukkan konsumsi whey dan tumbuhnya jerawat saling terkait.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada awal 2017 dan dipublikasikan dalam jurnal Health Promotion Perspective menunjukkan, protein whey menyebabkan jerawat di area badan dan terkadang di wajah.

Saat susu digumpalkan untuk membuat keju, sisanya disebut whey. Whey ini mengandung hormon yang disebut insulin growth factor-1 (IGF-1) yang membantu membentuk otot lebih cepat.

Studi tersebut menunjukkan suplemen whey mengandung enam sampai 12 liter susu dalam formulasi terkonsentrasi. Sementara IGF-1 benar-benar dapat membantu membentuk otot, kelebihannya dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti:

1. Merangsang kelenjar adrenalin untuk menghasilkan lebih banyak minyak

2. Menyebabkan jerawat karena menyumbat pori-pori kulit

Namun, penelitian tersebut juga menunjukkan saat asupan dipantau dan dikonsumsi secara teratur, jerawat berkurang jumlahnya.

"Sebagian besar suplemen protein yang terkonsentrasi susu bisa bermasalah untuk dicerna, begitulah produk susu. Itu bisa menyebabkan gangguan perut, ruam alergi dan dermatitis alergi," Mkata Dr I K Ramchandani, Direktur Dermatologi di Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Jaslok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.