Sukses

Curhat Jessica Simpson Soal KB

Jessica Simpson adalah pesohor yang diketahui menggunakan KB atau alat kontrasepsi IUD karena merasa cukup dikarunia dua anak perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Jessica Simpson mengungkapkan telah menggunakan KB atau alat kontrasepsi IUD karena merasa cukup dikarunia dua anak perempuan. Dia mengatakannya di acara The Ellen DeGeneres Show beberapa waktu lalu. 

"Saya sudah memiliki dua anak yang cantik, dan saya tidak ingin punya anak lagi. Jadi pilihan saya adalah menggunakan IUD," ujar wanita yang menikahi mantan pesepakbola Eric Johnson, seperti dimuat Livescience, Selasa (23/5/2017).

IUD merupakan jenis kontrol kehamilan yang dianggap paling efektif, menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologist (ACOG). Tingkat kegagalan IUD hanya kurang dari satu persen selama tahun pertama. "Kira-kira prosedurnya sama seperti sterilisasi," tulis ACOG.

Sebagai perbandingan, pil KB memiliki tingkat kegagalan sekitar sembilan persen. Dan kondom memiliki tingkat kegagalan 18 persen, menurut Planned Parenthood.

IUD juga nyaman karena setelah perangkat dimasukkan ke dalam organ intim, tidak ada lagi yang perlu dilakukan wanita. Sedangkan pil KB perlu dikonsumsi setiap hari dan kondom digunakan setiap kali sebelum berhubungan seks. Tak perlu khawatir, seorang wanita akan bisa hamil kembali setelah perangkat KB, IUD diangkat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.