Sukses

Menangis Ada Untungnya, Mata Jadi Lebih Sehat

Fungsi air mata bukan sekadar untuk melembapkan, tapi juga menutrisi hingga baik untuk retina.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menangis, ada sekitar lima sampai sepuluh ons air mata yang keluar dari kelenjar lakrimalis atau kelenjar air mata. Bahkan dalam keadaan tidak menangis saja mata juga dapat memproduksi air mata.

Fungsi dari air mata bukan sekadar untuk menjaga kelembapan atau terhindar dari kekeringan saja. Melainkan--seperti dikutip laman Berkeley Wellness, Minggu (7/5/2017)--air mata dapat menutrisi mata, juga baik untuk retina.

1. Berikan oksigen

Air mata bukan berperan sebagai pelumas saja, menangis pun dapat memberi oksigen dan menutrisi retina. Sebab kondisi mata yang kering akan menyebabkan penglihatan jadi kabur.

Selan itu fungsi dari air mata juga melindungi mata dari mikroorganisme asing.

2. Memperlambat penguapan

Air mata yang terdiri dari tiga lapisan yaitu minyak, air, dan lendir memiliki fungsi tersendiri. Lapisan minyak yang mengandung lemak pada lapisan terluar mata berfungsi untuk memperlambat penguapan agar mata tak mudah mengering.

3. Menjalankan fungsi dasar mata

Terdapat tiga jenis dari air mata yaitu kontinyu (basal) air mata yang dihasilkan untuk menjalankan fungsi dasar mata dasar, seperti pelumasan.

Refleks (iritan) air mata yang terjadi ketika mata terkena cahaya berlebihan, dingin, angin, benda asing atau gas, dan air mata psikogenik yang terjadi akibat reaksi emosional seperti menangis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini