Sukses

Tak Hanya Buahnya, Bunga Pisang Juga Kaya Manfaat Sehat

Bukan hanya buahnya, bunga atau jantung pisang juga menawarkan manfaat sehat untuk tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sehat yang ditawarkan pisang ternyata tak hanya dari buahnya, melainkan dari bunganya atau yang dikenal dengan jantung pisang.

Jantung pisang yang memiliki tekstur seperti tepung dan rasa yang pahit ini kaya akan vitamin C dan vitamin A. Meski tak banyak yang mengetahui khasiat dari jantung pisang, di beberapa negara jantung pisang sering dijadikan salad.

Mengutip Boldsky, jantung pisang sudah digunakan untuk pengobatan alternatif yang dipraktikkan di India sejak 5.000 tahun silam. Melansir laman Health Benefits Times, Kamis (4/5/2017), berikut sederet manfaat yang dapat diperoleh dari bunga atau jantung pisang.

1. Menyembuhkan infeksi

Jantung pisang memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi karena mengandung etanol yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri patogen.

2. Mengatasi diabetes dan anemia

Mengonsumsi jantung pisang dengan cara direbus dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh.

3. Cegah radikal bebas

Radikal bebas yang menghantam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jantung pisang yang bersifat antioksidan dapat mengatasi masalah ini.

4. Meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan

Magnesium yang hadir dalam bunga pisang berfungsi sebagai anti-depresi tanpa efek samping.

5. Lancarkan pencernaan

Jantung atau bunga pisang yang kaya akan serat larut dan tidak larut akan membawa seluruh ampas makanan terbuang melalui saluran pencernaan. Serat tak larut yang dimiliki jantung pisang juga membantu sebagian besar makanan yang tidak larut dalam air. Keduanya akan meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan secara sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini