Sukses

Manfaat Meregangkan Otot Setelah Bangun Tidur

Meregangkan otot setelah bangun tidur, tidak hanya membuat tubuh merasa lebih baik. Tapi juga memberikan manfaat lain yang baik untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Setelah bangun tidur, sering kali kita punya dorongan untuk meregangkan otot tubuh. Peregangan pagi hari ini ternyata punya banyak manfaat.

Melansir Livestrong. Senin (1/5/2017) berikut ini merupakan manfaat dari meregangkan tubuh saat bangun tidur.

1. Melenturkan otot

Saat tidur otot cenderung menjadi kaku. Penyebabnya, saat tidur kadang kala Anda berbaring dalam posisi sama dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu setelah bangun tidur, penting bagi Anda untuk meregangkan tubuh agar otot kembali lentur. Ketika otot sudah kembali lentur, aktivitas sehari-hari akan lebih mudah dijalankan.

2. Melemaskan sendi

Berdasarkan Healthy Back Institute, nyeri dan sendi kaku saat pagi hari bisa disebabkan karena kurang kegiatan fisik dan mendapatkan tidur yang tidak cukup.

Peregangan otot di pagi hari akan meningkatkan pergerakan pada sendi. Sering-sering lakukan peregangan di pagi hari untuk menghindari penyakit sendi dan tulang, seperti arthritis.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Tidak hanya membuat tubuh merasa lebih baik, meregangkan otot juga membuat Anda menjadi lebih semangat. Saat bangun tidur, detak jantung masih dalam keadaan melambat.

Meregangkan otot dapat meningkatkan aliran darah dengan cepat dan sampai ke bagian otot. Sirkulasi darah yang baik membantu tubuh berfungsi optimal.

4. Menghilangkan stress

Kadang terasa menyulitkan untuk bangun dari tempat tidur. Bayangan harus menjalani hari sibuk dan melelahkan, yang memicu rasa stres.

Dengan meregangkan otot ternyata dapat mengatasi tegang dan menenangkan pikiran. Usahakan untuk meregangkan tubuh selama 30 detik sebelum memulai hari Anda. (Reporter: Aida Tifani)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini