Sukses

Manfaat Ajaib Salmon, Anda Wajib Tahu

Salmon adalah ikan air tawar sekaligus air laut.

Liputan6.com, Jakarta Salmon adalah ikan air tawar dan air laut. Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi.

Salmon dianggap sangat ampuh untuk diet sehat karena beberapa manfaat yang ditawarkannya. Konsumsi salmon bagus untuk rambut, kulit, persendian dan otak. Diperkaya dengan vitamin, mineral dan yang terpenting omega-3, salmon diketahui memiliki manfaat tak terhitung untuk tubuh. Karena itu, salmon juga banyak dikonsumsi dalam bentuk tablet, sirup dan beku.

Cara mengonsumsi salmon

Salmon memiliki minyak ikan yang tinggi dan bisa dikonsumsi dengan cara dibakar, direbus atau dipanggang bersama dengan sayuran kukus atau rebus. Salmon juga tersedia dalam berbagai bentuk seperti tablet dan minyak, dan kerap dianjurkan oleh dokter keluarga Anda untuk dikonsumsi.

Cara menyimpan salmon

Pastikan freezer diatur pada suhu kurang dari 4 derajat celsius. Simpan salmon dalam kemasan vakum atau pembungkus plastik, karena ikan berwarna pink ini mudah terpengaruh oleh bau makanan lainnya.

Kaya nutrisi, salmon menjadi favorit di antara pakar kesehatan, dokter dan penggemar kebugaran. Berikut adalah isi alami yang dikandungnya dan hal-hal yang menjadikannya ikan yang sehat seperti dikutip dari situs India Times, Senin (1/5/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Omega 3

Omega-3 adalah asam lemak yang sangat penting bagi tubuh kita, mendorong sendi dan kulit yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu perkembangan otak. Banyak penelitian membuktikan bahwa konsumsi omega-3 baik untuk kesehatan kardiovaskular.

Asam lemak omega-3 juga membantu mencegah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, arthritis, depresi, gangguan otak, kelainan kulit dan beberapa jenis kanker.

Omega-3 ditentukan dan disebut sebagai asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat mensintesisnya sendiri dan harus diperoleh dari makanan yang kita makan. Karena salmon memiliki minyak ikan yang tinggi, omega-3 terjadi secara alami di dalamnya. Omega-3--menurut banyak ilmuwan--juga bisa menurunkan risiko banyak penyakit kronis seperti diabetes dan depresi.

Meski tidak ada asupan asam lemak omega-3 harian yang disarankan, banyak ahli kesehatan dan dokter menganjurkan agar orang dewasa mengonsumsi omega-3, omega-3 minimum 250-500 mg per hari. American Heart Association (AHA) merekomendasikan bahwa orang dewasa harus memasukkan setidaknya 2 porsi omega-3 per minggu untuk mendapatkan manfaat maksimal dari ikan air tawar ini.

3 dari 5 halaman

Protein

Salmon mengandung asam amino esensial yang mendorong pertumbuhan dan membantu mempertahankan massa jaringan otot. Protein yang ditemukan dalam salmon membantu tubuh menjaga metabolisme yang sehat yang meningkatkan penurunan berat badan. Fillet 100 gram salmon mengandung 22-23 gram protein.

Tubuh kita tersusun oleh protein, sehingga penting untuk mendapatkannya dari sumber yang paling alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa salmon mengandung molekul protein bioaktif kecil yang memberikan dukungan khusus untuk tulang rawan sendi, efektivitas insulin dan pengendalian peradangan di saluran pencernaan.

4 dari 5 halaman

Vitamin

Untuk mempertahankan gaya hidup aktif yang sehat, penting untuk memasukkan salmon ke dalam makanan Anda karena mengandung vitamin seperti B1, B2, B3 dan B5 dalam jumlah optimum. Vitamin ini terlibat dalam beberapa proses penting dalam tubuh kita. Proses ini termasuk mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi, menciptakan dan memperbaiki gen DNA dan mengurangi peradangan yang dapat memicu kemungkinan penyakit jantung. Menurut penelitian terbaru, Vitamin B dari semua jenis membantu menjaga fungsi optimal otak dan sistem saraf kita.

Salmon juga kaya vitamin D. Vitamin D mempromosikan tulang dan gigi sehat dan dapat membantu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah dan beberapa jenis kanker.

5 dari 5 halaman

Mineral

Salmon merupakan sumber mineral seperti fosfor, potassium dan selenium.

Salmon liar cukup tinggi potasium. Di dunia buah, pisang dianggap memiliki kadar potasium yang tinggi. Di sisi lain salmon mengandung potasium 10% lebih banyak daripada pisang. Kalium perlu dikonsumsi untuk membantu mengendalikan kadar tekanan darah Anda, dan potassium membantu mencegah kelebihan retensi air dalam tubuh. Fosfor memainkan banyak peran dalam tubuh. Ini termasuk membangun tulang dan gigi yang kuat, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kesehatan ginjal yang baik.

Jenis mineral lain yang ditemukan pada salmon adalah selenium. Selenium membantu melawan penyakit jantung, beberapa jenis kanker dan penyakit tiroid. Asupan mineral yang rendah berkontribusi pada penurunan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan risiko pengembangan beberapa jenis kanker dan mudah terkena penyakit virus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini