Sukses

Tenangkan Diri Saat Cemas dengan 5 Makanan Ini

Ada beberapa makanan yang mengandung triptofan, vitamin B, serta magnesium yang mampu membuat diri jadi lebih tenang saat cemas datang.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang kita konsumsi itu tak cuma mengenyangkan tapi juga mampu memengaruhi suasana hati. Termasuk membuat tenang saat cemas atau stres datang.

Menurut pakar, makanan-makanan tersebut mampu meredakan cemas karena mengandung magnesium serotonin, triptofan, vitamin B, zat besi, dan omega-3 yang mampu membuat suasana hati lebih baik. Berikut lima makanan yang perlu disantap kalau cemas atau stres datang seperti mengutip Pop Sugar, Kamis (27/4/2017).

1. Oatmeal

Deg-degan jelang presentasi atau ujian, coba santap oatmeal sebagai menu sarapan. Kandungan triptofan yang tinggi membantu membuat perasaan jadi lebih tenang. Belum lagi, kandungan vitamin B6 dan magnesium yang tinggi juga memiliki fungsi menenangkan.

2. Asparagus

Di dalam asparagus mengandung vitamin B6 dan zat besi. Beberapa penelitian menyebutkan orang yang kekurangan vitamin B dan zat besi cenderung mudah memiliki serangan panik. Jadi, tak ada salahnya bukan untuk membuat diri jadi lebih tenang dengan memiliki stok asparagus di lemari es Anda.

3. Tahu

Tak cuma enak diolah menjadi aneka makanan, tahu juga mampu membuat tenang. Hal tersebut terjadi karena tahu mengandung vitamin B1, kaya triptofan, serta magnesium.

4. Salmon

Salmon merupakan makanan supert anticemas dan antidepresi karena kaya asam lemak omega-3, tinggi vitamin B, dan magnesium. Ini semua bermanfaat membuat suasana hati jadi lebih tenang.

5. Alpukat

Alpukat atau avokad tak cuma nyaman di lidah, tapi juga mampu melawan rasa cemas. Hal ini terjadi karena buah berdaging lembut ini mengandung vitamin B tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini