Sukses

Wanita yang Melakukan Operasi Bypass Lambung Meningkat Tajam

NHS membeberkan bahwa jumlah pasien yang melakukan operasi bypass lambung meningkat. Dan ini terjadi pada perempuan

Liputan6.com, Jakarta Operasi bypass lambung pada orang obesitas yang dikerjakan di National Healh Service, London, meningkat sebesar 520 persen selama kurun waktu dua tahun ini.

NHS mencatat, sepanjang 2015 sampai 2016 ada 6.438 operasi bypass lambung yang mereka kerjakan. Angka ini naik dari 1.038 operasi yang pernah mereka kerjakan di sepanjang tahun 2005.

Meningkatnya jumlah pasien obesitas yang melakukan operasi bypass lambung dikarenakan mulai sadarnya mereka betapa pentingnya sebuah penampilan. Ini terjadi pada banyaknya pasien perempuan dibanding pasien laki-laki.

Berdasarkan data yang dimiliki NHS, ada 5.020 orang pasien perempuan yang menjalankan operasi bypass lambung dibanding pasien laki-laki yang jumlahnya hanya 1.418 orang.

Tidak sedikit uang yang mesti mereka keluarkan untuk prosedur satu ini. NHS membandrol dengan harga 15.000 Poundsterling atau sekitar Rp254 juta.

Jika dilihat statistik di London, orang Inggris sekarang makan lebih sedikit dibanding 40 tahun yang lalu. Namun, jumlah orang obesitas tetap saja meningkat karena gaya hidup mereka yang senang makan kentang goreng sambil bersantai di atas sofa, ketimbang berolahraga.

Laporan Departemen Lingkungan, Pangan dan Pedesaan menunjukkan bahwa penduduk di sana mengonsumsi rata-rata 14 persen lebih sedikit kalori per hari dibandingkan orang-orang di tahun 1970an.

Biasanya orang dewasa pada tahun 1974 makan 2.534 kalori per hari tapi pada 2015 telah turun menjadi 2.173 kalori.

Dikutip dari situs Daily Mail, Senin (24/4/2017) Profesor Philip James, Presiden Asosiasi Internasional untuk Studi Obesitas, mengatakan bahwa gaya hidup yang semakin tidak aktif, dengan pengurangan dramatis dalam pekerjaan fisik, berarti kita membutuhkan lebih sedikit kalori.

Beberapa daerah di Inggris melakukan operasi 20 kali lebih banyak seperti di tempat lain. Yang tertinggi adalah Telford dan Wrekin di West Midlands, dengan rata-rata 61 prosedur per 100.000 penduduk, termasuk 93 per 100.000 wanita.

Dalam operasi bypass lambung, perut terbelah dengan kantong bagian atas yang lebih kecil dan bagian bawah, secara drastis mengurangi berapa banyak yang bisa dimakan.

Ahli bedah mengklaim bahwa operasi bypass lambung adalah perawatan yang paling efektif untuk obesitas dan mencegah diabetes dan penyakit jantung, menghemat jutaan pound NHS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini