Sukses

3 Trik Aman Cukur Bulu untuk Penderita Psoriasis

Perhatikan saat cukur bulu dan rambut untuk Anda yang menderita psoriasis.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang menderita psoriasis (peradangan pada kulit), cukur bulu dan rambut yang ada di tubuh bisa menjadi berbahaya. Perawatan sehari-hari pun dapat memicu pecahnya plak sehingga mempersulit penanganan psoriasis.

Bahkan hair removal dapat menyebabkan iritasi kulit dan pendarahan, yang pada akhirnya menyebabkan luka makin melebar.

Reaksi ini disebut fenomena Koebner, yaitu cedera kulit ringan, seperti luka bakar atau sengatan matahari, yang menghasilkan lesi (jaringan abnormal pada kulit) psoriasis baru di lokasi area yang terkena.

Jika Anda tetap ingin mencukur, cobalah tips berikut yang lebih aman, sebagaimana ditulis Everyday Health, Sabtu (22/4/2017).

1. Pilih pisau cukur yang tepat

Gunakan alat cukur listrik atau pisau cukur dengan pisau paling sedikit tiga atau kurang. Trik ini mungkin tidak membuat Anda bercukur sangat dekat dengan bulu atau rambut, tapi akan melindungi kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produk alat cukur

2. Gunakan produk cukur yang dibuat untuk kulit sensitif

Anda mungkin perlu bereksperimen dengan berbagai produk alat cukur yang berbeda. Hal ini dikarenakan produk alat cukur tidak semuanya bekerja dengan baik.

Anda mungkin menemukan produk alat cukur yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

3. Lakukan perawatan

Psoriasis membutuhkan perawatan termasuk obat yang diresepkan oleh dokter. Untuk itu, Anda harus melakukan perawatan psoriasis di bawah kontrol dokter dengan cukup baik agar dapat mencukur dengan nyaman.

Jika Anda ingin mencukur tapi tidak bisa, tanyakan kepada dokter, apakah yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala psoriasis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini