Sukses

Kenapa Perut Berbunyi Saat Lapar?

Perut lapar biasanya tidak disembunyikan, karena pasti ia protes dan mengeluarkan suara.

Liputan6.com, Jakarta Terkadang rasa lapar itu tidak bisa disembunyikan. Ini karena saat perut kosong, biasanya perut akan mulai mengeluarkan suara. Melansir Men's Health, Jumat (14/4/2017), ini karena sesuatu yang disebut borborygmus, istilah medis untuk bunyi bergemuruh di perut.

Dan yang mengejutkan, walau bunyi ini biasanya muncul ketika Anda terlambat makan, hal ini biasanya bukanlah sinyal dari rasa lapar.

Alih-alih, hal ini ternyata terjadi karena sistem pencernaan di gastrointestinal bekerja setelah Anda makan sebelumnya, ujar Sita Chockhavatia, M.D., seorang spesialis gastroenterologi di Mount Sinai Hospital.

Beberapa jam setelah Anda makan, ada suatu siklus yang berkontraksi dengan durasi 90 menit dan menggerakkan sisa-sisa makanan dari lambung ke usus kecil.

Lalu sistem pencernaan akan membuat gerakan yang disebut "migrating motor complex" yang secara berisik akan memindahkan campuran--kebanyakan berisi gas dan cairan ke depan yang terdengar seperti suara gemuruh dari dalam perut.

"(Suara) Ini seperti meremas dan mengocok sebuah balon yang berisi udara dan air," ujar Dr. Chochkhavatia.

Jika Anda perlu untuk menyamarkan suara dari perut ini--misalnya karena sedang rapat atau sedang kencan--kunyahlah pop corn (untuk serat) atau sepotong cokelat, yang akan dengan segera memindahkan sistem gastrointestinal Anda pada mode pencernaan yang lebih tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.