Sukses

Agar Tubuh Tak Melar Selepas Berhenti Merokok

Banyak orang yang beralih untuk ngemil demi menghindari merokok, tapi pada akhirnya tubuh malah melar dan gemuk. Begini cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang berasumsi berhenti merokok akan membuat tubuh melebar alias menggemuk. Lantaran takut gemuk, perokok semakin ogah berhenti merokok. Padahal, ada kiat yang bisa mempertahankan berat badan tetap meski berhenti merokok.

Untuk mengalihkan keinginan merokok, banyak individu memilih camilan dan makan dengan waktu yang lebih intens sehingga berat badan bertambah. Namun, para ahli merekomendasikan untuk mengunyah seledri, wortel, permen karet, atau permen bebas gula untuk berhenti merokok.

Ada juga kiat pintar untuk berhenti merokok dan terhindar dari berat badan bertambah seperti dikutip laman Health, Kamis (13/4/2017) berikut ini :

1. Makan dengan porsi kecil.

Meski makanan yang masuk tidak seperti porsi normal, tapi cara ini bisa membantu Anda untuk tetap kenyang dan lupa untuk merokok. Makan lebih sedikit mampu meningkatkan metabolisme dan menahan lapar.

2. Makan tinggi protein dan tinggi serat

Makanan ini akan membantu pencernaan lebih baik dan pada akhirnya tubuh tidak akan bertambah lemak dan terhindar dari kegemukan akibat berhenti merokok.

3. Olahraga. 

Untuk mengalihkan keinginan merokok, Anda bisa memperbanyak waktu untuk olahraga. Gym, kardio, berjalan kaki setelah makan siang, dan aktivitas fisik lainnya bisa mengisi waktu dan akhirnya Anda berhasil berhenti merokok tanpa harus takut gemuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini