Sukses

Pria Cepat Beruban Rentan Sakit Jantung, Kenapa?

Uban yang memenuhi kepala seorang pria lebih cepat dari biasanya berisiko besar mengalami sakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pria yang memiliki rambut putih alias uban di usia muda berisiko lebih besar mengalami sakit jantung di kemudian hari. Peneliti meyakini uban menunjukkan usia biologis yang lebih tua.

"Studi kami menunjukkan ketika rambut putih adalah salah satu identifikasi usia dan bisa memjadi tanda meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular," kata dokter spesialis jantung dari Cairo University, Mesir, Irini Samuel seperti dikutip dari situs Hindustan Times, Rabu (12/4/2017).

Peneliti mendapati adanya persamaan mekanisme DNA saat adanya rambut beruban dengan munculnya plak di arteri. Sebagisn besar pria yang rambutnya putih dalam studi memiliki sumbatan plak di pembuluh darahnya.

Namun diperlukan studi lanjutan yang lebih besar baik pada pria dan wanita. Lalu, perlu juga berkoordinasi dengan dermatolog untuk mengetahui faktor dan pencegahan rambut beruban," kata Irini lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.