Sukses

5 Cara Mudah Bebaskan Hidup dari Stres

Salah satunya dengan melakukan hal-hal yang disukai bisa meredakan stres.

Liputan6.com, Jakarta Jalanan macet, pekerjaan menumpuk, bos banyak menuntut, pekerjaan rumah tangga yang tak habis-habis membuat masyarakat perkotaan rentan stres. Satu hal yang perlu disadari bahwa stres adalah kondisi yang wajar. Dan yang perlu Anda  ketahui, ada banyak cara untuk menurunkan tingkat stres.

Ada hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membuat stres jadi tidak terlalu membani hidup. Direktur Stress Management Society, Neil Shah, memaparkan lima hal sederhana yang bisa dipraktekkan agar kita lebih mampu menghadapi stres dengan santai. Selengkapnya seperti mengutip Huffington Post UK, Selasa (4/4/2017).

1. Meditasi satu menit

Cuma memerlukan waktu sebentar saja untuk melakukan meditasi. Duduk atau berdiri dengan posisi santai di mana saja. Lalu tarik napas dari hidung hingga hitungan kelima. Lepaskan lewat mulut hingga hitungan ke delapan.

Pada saat meditasi singkat ini, biarkan pikiran terbang bebas seperti napas yang dilepaskan.

2. Lakukan hal disukai

Menyiram tanaman, memberi makan ikan, bermain bersama anak, mewarnai satu gambar, menyanyi. Apapun itu, lakukan aktivitas yang disukai. Sebaiknya hindari melakukan aktivitas yang terkait dengan barang elektronik.

3. Mindfulness

Mindfulness atau sadar penuh atau sesuatu itu diperlukan. Misalnya saat bernapas atau mencuci piring. Sadari sepenuhnya aktivitas sederhana tersebut. Hal ini mampu membuat Anda jadi lebih tenang.

4. Bicara pada seseorang

Memiliki seorang teman untuk diajak berbicara amat menyenangkan. Bicaralah pada orang yang Anda percayai.

5. Nikmati hidup dengan membebaskan pikiran selama lima menit

Saat sedang deadline atau masalah datang yang perlu segera diseleseaikan, coba ambil langkah mundur sejenak dari hal tersebut selama lima menit. Pergi ke jendela lalu memandang orang-orang di luar atau mengobrol stres.
Memberi jeda akan sebuah hal yang membuat stres akan membuat Anda dalam menemukan solusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.