Sukses

Normalnya, Butuh Waktu Berapa Lama untuk Mulai Tertidur?

Jika lebih dari satu jam baru bisa tidur itu berarti ada sesuatu yang tidak beres.

Liputan6.com, Jakarta Ada orang yang baru sebentar saja merebahkan diri ke atas kasur sudah langsung tidur. Tidak sedikit pula yang membutuhkan waktu lebih lama dari itu. Nah, normalnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur?

Menurut National Sleep Foundation (NSF), normalnya ketika seseorang merebahkan diri maka dia akan tidur sekitar 10-20 menit kemudian. Jika lebih dari itu atau kurang dari waktu tersebut bisa jadi memiliki gangguan tidur.

Jika setiap kali tidur tubuh membutuhkan waktu lebih dari 20 menit atau bahkan satu jam, itu menandakan tubuh belum siap tidur. "Bisa karena terlalu banyak mengonsumi kafein, jam biologis tubuh berubah, atau masalah lain seperti jet lag," tulis pakar dalam website resmi NSF mengutip dari Huffington Post, Senin (3/4/2017).

Lalu, bila Anda langsung tertidur setelah mendaratkan kepala ke atas bantal bisa jadi kurang tidur. Mungkin malam-malam sebelumnya tidur larut malam kemudian harus bangun pagi.

Tidur merupakan aspek penting dalam kehidupan kita. Bila seseorang memiliki waktu tidur sedikit bisa menyebabkan suasana hati tidak baik, kelelahan, mudah marah, dan sulit berkonsentrasi seperti dikatakan ahli fisiologi klinis dari Bupa’s Cromwell Hospital, Inggris, Julius Patrick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trik cepat tidur

Patrick pun memiliki saran bagi Anda yang sering mengalami sulit segera tertidur diantaranya:

1. Jangan bawa gadget ke tempat tidur

Hindari ponsel, tablet, atau menonton televisi saat sudah mulai merebahkan diri untuk tidur. Peralatan tersebut memancarkan cahaya biru yang membuat otak untuk terus aktif.

2. Hindari stres

Hidup pasti tak bisa terlepas dari masalah, bukan berarti untuk bisa membuat stres berkepanjangan. Coba lakukan meditasi untuk mengatasi rasa tegang atau pikiran yang karut marut.

3. Batasi kafein dan alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat sistem saraf terstimulasi sehinggga jadi susah tidur. Asupan kafein biasanya terdapat pada kopi, teh hitam dan hijau, soft drink, cokelat.

Lalu, batasi juga minum alkohol. Meski memberi kesan tidur lebih baik, minum alkohol membuat sering terbangun dan tidur tidak berkualitas.

4. Membuat tubuh rileks

Jika melewati hari yang menegangkan, cobalah untuk memetakan masalah selama 10 menit sebelum tidur. Dengan begitu, Anda bisa tidur dengan tenang.

5. Buat suasana kamar pas untuk tidur

Ciptakan suasana tempat tidur yang mendukung seperti gelap dan suhu yang nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.