Sukses

Perhimpunan RS Indonesia Jalin Kerjasama dengan Korea Selatan

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menjalin kerja sama dengan Korean Hospital Association (KHA)

Liputan6.com, Jakarta Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menjalin kerja sama dengan Korean Hospital Association (KHA) dalam mengembangkan pelayanan rumah sakit di masing-masing negara. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) pada Jumat, 31 Maret 2017 di Kantor PERSI Jakarta.

Kedua asosiasi perumahsakitan ini sepakat melakukan promosi industri pelayanan kesehatan, bekerja sama dalam pertukaran aktivitas promosi hingga melakukan kunjungan timbal balik kedua negara. Selain itu juga berbagi informasi mengenai perkembangan aneka penyakit serta alat kesehatan.

Hal-hal lain yang lebih mendetil belum dibahas dalam kesempatan ini sehingga ke depan akan ada pertemuan lanjutan membahas kerja sama asosiasi beda negara ini. "Sesudah ini akan ada perjanjian teknis," kata Ketua PERSI, Kuntjoro Adi Purjanto.

Usai penandatangan MOU, Presiden KHA, Hong Jeong Yong mengatakan keinginan untuk berbagi pengalaman dengan Indonesia tentang asuransi kesehatan nasional atau yang kita sebut Jaminan Kesehatan Nasional.

"Kami mendengar Indonesia baru saja memulai asuransi kesehatan nasional. Di Korea, asuransi ini sudah berjalan sekitar 40 tahun. Sehingga kami ingin berbagi pengalaman juga dengan Indonesia," kata Hong di kantor pusat PERSI di kawasan Tebet Jakarta pada Jumat (31/3/2017).

KHA pun bersemangat dalam bertukar informasi mengenai pelayanan jarak jauh menggunakan teknologi atau telemedicine. "Kami yakin suatu saat Indonesia akan menjalankan IT medicine karena negara ini memiliki ribuan pulau. Sehingga nanti ke depannya kami bisa berbagi pengalaman akan itu," kata Hong lagi.

Lalu, di September nanti, KHA akan mengundang dokter-dokter dari Indonesia menghadiri Korean Medical Fair yang di dalamnya ada pameran dan kongres bertaraf internasional. Sehingga para dokter bisa mendapatkan pengalaman baru guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

"Semoga dengan kerja sama ini asosiasi kami makin memiliki hubungan baik PERSI," tandas Hong.

KHA sendiri sebelumnya sudah melakukan kerja sama dengan berbagai negara seperti Kirgistan, Uzbekistan dan China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini