Sukses

Minum Air Terlalu Banyak Saat Berolahraga Bisa Berujung Kematian

Beberapa kasus kematian para atlet dikarenakan meminum air terlalu banyak ketika berlatih.

Liputan6.com, Jakarta Minum air sangat penting bagi fungsi tubuh manusia, tapi bukan berarti Anda harus minum terlalu banyak air. Sebab asupan air berlebih juga dapat mencelakakan tubuh.

Beberapa waktu lalu sebanyak 17 ahli dari seluruh dunia menuliskan pedoman minum air yang baik. Pedoman yang diterbikan dalam Clinical Journal of Sport Medicine dan diumumkan pada International Exercise-Associated Hyponatremia Consensus Development Conference ini membidik khalayak luas tentang bahaya minum air berlebih.

Pedoman ini lebih dikhususkan lagi untuk para atlet. Semua tahu, saat melakukan aktivitas fisik, tubuh tentu membutuhkan asupan air yang lebih banyak dibandingkan saat tubuh tidak bergerak banyak. Namun, minum terlalu banyak air--meski tidak haus--ketika berolahraga bisa berbahaya.

Menurut peneliti, beberapa kasus kematian atlet seperti; pelari maraton; pesepak bola; juga atlet lainnya dikaitkan dengan minum terlalu banyak air ketika berolahraga yang dikenal dengan hiponatermia (EAH).

Akibat EAH, ginjal kewalahan menerima pasokan air dalam jumlah besar sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan normal. Jumlah air yang besar ini menyebabkan pembengkakan di sel. Bahkan pada kasus berat, EAH berujung kematian. 

Air penting bagi tubuh, karenanya penting untuk menjaga asupan air dalam batas sehat untuk menjaga tubuh tetap seimbang. Menurut Mayo Clinic, setiap hari, tubuh manusia kehilangan air melalui proses bernapas, berkeringat, buang air kecil, serta kegiatan pencernaan. 

"Setiap orang harus membatasi minum. Minum saat Anda haus untuk menghindari dehidrasi kronis dan jangan berlebihan," menurut pedoman dikutip dari Medical Daily, Senin (27/3/2017). 

Untuk mengisi tubuh dengan air yang cukup tanpa membuat pembengkakan sel, Institute of Medicine memastikan jumlah ideal asupan air yakni sekitar 3,7 liter bagi pria, dan 2,7 liter bagi wanita. Sementara bagi atlet yang banyak melakukan aktivitas fisik yang menguras keringat, mereka boleh minum air lebih banyak 1,5 hingga 2,5 cup.

Sementara, WebMd menganjurkan agar setiap individu minum sebelum dan selama latihan dengan aturan berikut ini:

- Satu sampai dua jam sebelum latihan dan minum sekitar 0,5 liter air.
- Minum sekitar 0,3 liter air sebelum Anda mulai latihan.
- Selama latihan minumlah 0,2 liter setiap 15 menit.
- Jika Anda berolahraga di luar ruangan dengan cuaca yang sangat panas Anda mungkin perlu minum air lebih banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini