Sukses

Cegah Sakit Gusi dan Gigi dengan Makanan Kaya Gizi

Makan makanan kaya nutrisi, sayur dan buah, tidak hanya berdampak pada berat badan tapi turut memengaruhi kesehatan gigi, gusi, dan mulut

Liputan6.com, Jakarta Jenis makanan dan kebiasaan makan sehari-hari tidak hanya berdampak pada berat badan saja, tapi juga kesehatan gigi, gusi, dan mulut.

Gula sejak lama disebut sebagai biang keladi rusaknya gigi kita. Sebab, proses kerusakan gigi terjadi ketika plak bersentuhan dengan gula di dalam mulut, yang kemudian menghasilkan asam, yang secara perlahan merusak gigi.

Kemudian, muncul imbauan dari para pakar supaya para orangtua mulai mengurangi kebiasaan makan makanan manis pada anak guna mencegah kerusakan gigi terlalu cepat.

Dan, diharapkan mulai membiasakan makan makanan bergizi. Jika pola makan sehari-hari berantakan, dengan tidak memerhatikan nutrisi dari setiap makanan yang disantap, sulit bagi jaringan di mulut kita untuk melawan infeksi.

Ini berkontribusi terhadap penyakit gusi. Penyakit gusi yang parah merupakan penyebab utama hilangnya gigi pada orang dewasa.

Jaga Kesehatan Gigi, Gusi, dan Mulut Kita dengan Baik

Dikutip dari situs Mouth Healthy Org, Senin (27/3/2017), efek dari hidup sehat tidak lagi sekadar badan yang terasa ringan, celana jeans yang mulai longgar, tapi gigi dan mulut juga sehat.

Mungkin saran di bawah ini bisa membantu Anda mencegah kerusakan gigi dan membuat gigi, gusi, dan mulut Anda selalu sehat.

1. Minum banyak air putih
2. Konsumsi biji-bijian, buah, sayur, sumber lemak baik, dan susu rendah lemak 
3. Membatasi camilan. Jika memang ingin mengudap, ganti makanan ringan tinggi gula dengan buah atau sepotong keju.
4. Ada pun alasan Anda harus mengurangi konsumsi makanan ringan sepanjang hari karena air liur akan lebih banyak dilepaskan selama makan. Sementara saliva membantu membersihkan mulut dari sisa-sia makanan, mengurangi efek asam yang membahayakan gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

American Dental Association Seal of Acceptance, mengatakan, untuk kesehatan gigi yang lebih baik sebaiknya rajin menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berflouride, gunakan benang gigi bukan tusuk gigi, dan rutin periksa gigi ke dokter gigi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini