Sukses

Campurkan Cokelat ke Dalam Secangkir Kopi di Pagi Hari

Penambahan cokelat pada kopi bisa membuat Anda lebih konsentrasi.

Liputan6.com, Jakarta Mencampurkan sejumput cokelat ke dalam secangkir kopi di pagi hari dapat meningkatkan daya ingat Anda. Anda pun memiliki konsentrasi yang baik, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

Pernyataan tersebut berdasarkan sebuah studi dari University of Georgia, Amerika Serikat.

Demi melengkapi studi, Clarkson University membandingkan efek "energi mental" dari empat minuman hangat yang berbeda hangat: satu dengan cokelat, satu dengan kafein, satu berupa kombinasi dari cokelat dan kafein, serta yang terakhir sebagai plasebo (obat tanpa bahan kimia, yang terkadang hanya berisi cairan garam).

Penelitian dilakukan secara double-blind: seperti minuman yang dimodifikasi rasa yang sama.

Untuk melakukan hal itu, studi Ali Boolani, seorang profesor di Clarkson University mengatakan, tidak ada kalori pemanis Truvia (pengganti gula) yang ditambahkan ke minuman.

Peserta juga diberi klip hidung untuk memastikan tidak ada yang membeda-bedakan di antara mereka.

Tiap hari penelitian, peserta diminta minum salah satu dari empat minuman, kemudian diminta menyelesaikan "tes energi mental."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkat respons lebih cepat

Tingkat respons lebih cepat

Hasil penelitian menunjukkan, tingkat respons lebih cepat dari orang-orang yang minum kakao, dan orang-orang yang minum ramuan kafein-kakao juga memiliki akurasi lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang minum kakao.

Seiring dengan meningkatkan konsentrasi seseorang, penelitian juga menunjukkan, cokelat mengurangi "efek kecemasan--dari produksi kafein." Tapi pengambilan hasil tersebut menggunakan garam atau gula.

Studi ini didanai Hersheys dan perusahaan yang menyediakan minuman.

"Cokelat mampu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga kesadaran dan perhatian seseorang juga meningkat. Sementara itu, kafein sendiri dapat meningkatkan kecemasan. Kakao yang mengurangi efek kecemasan-dari produksi kafein dapat menjadi alasan yang baik untuk minum latte mocha," kata Ali, sesuai ditulis dalam Global News, Senin (6/3/2017).

3 dari 3 halaman

Rasa marah jadi lemah

Rasa marah jadi lemah

Temuan menarik lainnya, kafein punya efek negatif terhadap suasana hati seseorang. Ketika dibandingkan dengan kelompok plasebo, orang-orang yang minum minuman dengan hanya kafein dalam minuman menjadikan mereka pemarah.

Namun, konsumsi kakao bersamaan dengan kafein memperlemah perasaan marah. Pun begitu, kecemasan akibat efek kafein juga berkurang.

Ali mengatakan, pengujian soal efek kakao dan kafein masih harus dilakukan. Pengujian selanjutnya akan berupaya mengetahui lebih dalam kandungan pemecahan bahan kimia dalam minuman dan mengapa efek tersebut dihasilkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.