Sukses

Jantung Terlindungi Jika Anda Rajin Jalan Kaki

Selain lari ternyata berjalan kaki setiap hari juga berkontribusi melindungi jantung Anda.

Liputan6.com, Jakarta Lari merupakan jenis olahraga paling mudah dan murah untuk dilakukan yang juga mempengaruhi kesehatan tubuh juga jantung Anda. Namun, selain lari ternyata berjalan kaki setiap hari juga berkontribusi melindungi jantung Anda.

Studi terbaru dari Inggris menemukan, jalan kaki menjadi aktivitas yang paling mudah dan efektif dalam melindungi diri dari risiko penyakit jantung. Para peneliti memantau sebanyak 111 pekerja kantoran dan pengirim pos, selama seminggu dan melihat bagaimana pekerjaan mereka yang bertolak belakang mempengaruhi kerja jantung.

Pekerja kantoran yang biasa duduk lama di meja memiliki lingkar pinggang yang lebih besar dibandingkan pekerja pos yang setiap hari berjalan kaki setidaknya 15 ribu langkah per hari. Atau total berjalan pekerja pos sekitar 11 hingga 12 kilometer per hari.

Menurut peneliti, mereka yang lebih banyak gerak setiap hari memiliki kemungkinan kecil terhadap penyakit jantung. Sementara, individu yang kurang bergerak memiliki faktor risiko kesehatan yang lebih banyak. Peneliti juga menemukan, 30 persen individu yang kurang bergerak dalam hariannya berisiko untuk meninggal di usia dewasa muda.

Disarankan untuk melakukan aktivitas fisik minimal berjalan kaki atau berolahraga setidaknya dua hari sekali untuk mencegah penyakit jantung terjadi pada Anda dikutip dari laman Men's Health, Sabtu (4/3/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini