Sukses

Nonton Drama Korea Goblin Ternyata Baik untuk Kesehatan

Menonton tayangan sedih, seperti drama Korea Goblin, ternyata bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Buat Anda yang menyukai tontonan sedih, seperti drama korea Goblin yang saat ini sedang heboh, ternyata beruntung. Pasalnya, tontonan yang membuat Anda menguraikan air mata ini bermanfaat.

Riset menunjukkan, merasakan keterikatan pada karakter favorit Anda, seperti tokoh yang diperankan Gong Yoo dalam Goblin, baik untuk kesehatan.

Menangis saat melihat tayangan sedih adalah contoh modern dari paradoks tragedi, yang sudah ditulis oleh para filsuf sejak ribuan tahun yang lalu.

"Kesedihan adalah emosi negatif yang tidak kita nikmati merasakannya, dan fiksi tragis membuat kita asedih," ujar Jennifer Barnes, profesor asisten bidang psikologi di University of Oklahoma, dalam sebuah interview dengan majalah Time. "Namun, rupanya orang-orang menikmati fiksi tragis."

Salah satu teorinya adalah, fiksi tragis memberikan katarsis, dan beberapa penelitian menunjukkan, orang-orang memang merasa lebih baik setelah menangis.

Dalam wawancaranya itu, dikutip dari Health.com, Sabtu (24/2/2017), Barnes menjelaskan risetnya sendiri. Menurutnya, menonton drama TV bisa meningkatkan kecerdasan emosional, atau kemampuan Anda untuk membaca pikiran atau merasakan perasaan orang lain. Dia melakukan risetnya menggunakan serial TV The Good Wife.

Bukan hanya itu. Riset tambahan menunjukkan, menonton serial TV yang menampilkan banyak emosi dan kasih sayang bisa benar-benar membuat Anda jadi lebih baik hati dan penyayang.

Walaupun begitu, kalau Anda merasa sedih lebih dari beberapa jam setelah selesai menongon, bisa jadi artinya Anda terlalu terlibat dengan tokoh-tokoh kesayangan.

"Jika Anda merasa sedih sampai beberapa hari atau minggu setelahnya, dan hal itu menimbulkan tekanan dalam kehidupan Anda, itu bisa jadi Anda terlalu terinvestasi pada serial fiksi tadi," ujar Barnes.

Selain efek samping di atas, sesekali menangis saat menonton serial TV sedih seperti Goblin, tidaklah buruk Anda--dan bahkan bisa menjadikan Anda orang yang lebih baik.

Selamat menonton!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini