Sukses

Meski Serba Digital, Jangan Lupakan Manfaat Tulisan Tangan

Orang-orang yang sering melakukan tulisan tangan di atas kertas cenderung lebih mampu memahami konsep dan ingatan lebih baik

Liputan6.com, Jakarta Tulisan tangan di era yang hampir semua tugas dikerjakan menggunakan komputer dan ponsel sudah jarang dilakukan. Di sekolah-sekolah, para murid juga sudah terbiasa mengerjakan tugas menggunakan perangkat komputer. Lalu, apa efek dari jarang melakukan tulisan tangan?

Rupanya orang-orang yang sering melakukan tulisan tangan di atas kertas cenderung lebih mampu memahami konsep dan ingatan yang lebih baik terhadap hal yang ditulis. Hal ini diketahui lewat studi yang dilakukan peneliti dari Princeton University dan University of California, Los Angeles, Amerika Serikat.

Manfaat baik menulis menggunakan tangan di atas kertas juga didapatkan peneliti dari University of Nebraska, Amerika Serikat. Dalam studi ini peneliti yakni psikolog Kenneth Kiewra memberikan presentasi lalu mahasiswanya mencatat ada yang menulis di atas kertas dan mengetik di laptop. Sesudah presentasi, Kenneth meminta mahasiswanya membaca kembali catatan laku melakukan tes.

Hasilnya, mahasiswa yang mencatat penjelasan memakai buku memiliki nilai lebih baik. Kiewra memiliki beberapa alasan dibaliknya.

"Mahasiswa yang menulis di atas kertas lebih mungkin memiliki catatan yang lebih singkat, terorganisir. Selain itu lebih mampu dalam membuat grafik atau diagram dibandingkan mahasiswa yang mengetik. Sehingga pemahaman mahasiswa yang menulis menggunakan tangan lebih baik," kata Kiewra seperti mengutip Reader's Digest, Senin (20/2/2017).

Jadi, meski zaman sudah era digital jangan lupakan tulisan tangan. Selain membuat Anda lebih mengingat kemampuan memahami sesuatu pun lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini