Sukses

Terkena Infeksi Sinusitis, Nyawa dan Impian Jadi Artis Melayang

Infeksi sinusitis serius membuat impian Tran Thi Yen Nhung (28) menjadi aktris kandas.

Liputan6.com, Jakarta Nyeri akibat sinusitis yang dirasakan Nhung kian hari semakin parah. Setahun sebelum menjalani operasi medis di My Tho, Vietnam, keluarga Nhung kebingungan mencari obat guna menyembuhkan sinusitis yang diderita wanita cantik itu.

Sayangnya infeksi sinusitis Nhung malah menjadi semakin parah setelah operasi. Biaya yang sudah dikeluarkan untuk pengobatan pun tak sedikit. Keluarga Nhung sudah menggelontorkan 500 juta VND (Rp292805175.00), namun infeksinya tetap menyebar.

Dalam setahun, infeksi tersebut telah menyebar ke hampir seluruh wajah Nhung. Infeksi sinusitis menggerogoti hidung, mulut, hingga alisnya, menyebabkan wanita itu tak bisa makan dan melihat.

Sebelum mengalami infeksi sinusitis, Nhung terlahir dengan wajah cantik. Sebuah foto yang diambil ketika berusia 24 tahun menunjukkan betapa cantiknya Nhung. Oleh sebab itu Nhung pun bermimpi menjadi aktris, menikah, dan berkeluarga, seperti dilansir Mirror, Kamis (17/2/2017).

Kondisi Nhung yang memprihatinkan menghancurkan hati keluarganya. "Melihat Nhung sangat kesakitan, hatiku sangat sedih. Dia selalu kesakitan. Tapi dia baik dan memohon pada keluarga untuk tak lagi mengeluarkan uang untuk pengobatannya. Dia mengatakan dia baik-baik saja dan berharap kami tak menangis," ungkap bibi Nhung, Tran Van Hong. 

Menurut Van Hong, keluarga Nhung sudah mengunjungi tiap rumah sakit untuk mencari bantuan. "Pikirannya masih dalam keadaan sadar, tapi dia tak bisa makan atau minum. Uang kami benar-benar habis sehingga harus meminjam dalam jumlah besar untuk membayar tagihan rumah sakit. Tapi hasilnya penyakit itu tak mau pergi," cerita Van Hong. 

Tran Thi Yen Nhung. (mirror.co.uk)

Dokter berusaha mengatasi infeksi itu dengan mengamputasi sebagian daging di wajah Nhung. Tak hanya itu, Nhung juga mencoba beberapa terapi alternatif. Tapi tak satu pun yang berhasil. Infeksi sinusitis Nhung terlanjur mengalami inflamasi dan menyebar.

Setelah berjuang mengalahkan penyakitnya selama tiga tahun selepas operasi, Nhung akhirnya menyerah kalah. Wanita itu menutup mata pada 27 Desember lalu.

Sinusitis biasanya bisa pulih dalam beberapa minggu. Namun bila tak segera diobati, infeksi bisa menyebar ke otak dan menyebabkan meningitis.

Ahli sinus terkemuka, Wellington S. Tichenor, MD, dari Center For Allergy-Asthma di New York mengatakan, infeksi sinusitis parah yang dialami Nhung kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi jamur di sinus serta pengobatan yang kurang layak.

Menurut Tichenor, sinusitis bisa berbeda-beda di berbagai belahan dunia. Di bagian dunia ketiga, pengobatan yang dilakukan, iklim, serta penanganan medis untuk sinusitis berbeda dari di negara Barat.

"Ada juga penyakit lain yang terlihat dan terasa serupa dengan sinusitis atau tumor langka yang jarang dikenali dokter. Di negara-negara berkembang, infeksi sinus bisa mematikan, namun hal ini jarang terjadi di negara Barat," ungkap Tichenor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.