Sukses

Waspadai 6 Gejala Kanker dari Perubahan Tubuh Sendiri

Ketika tubuh Anda merasakan perubahan tertentu, segera lakukan pemeriksaan karena bisa saja itu gejala kanker.

Liputan6.com, Jakarta Kanker menjadi penyakit paling mematikan di dunia. Seruan untuk bersama-sama menanggulangi kanker terus diupayakan. Dalam hal ini sebagai bentuk peringatan Hari Kanker Sedunia 2017, yang jatuh tiap tanggal 4 Februari.

Deteksi dini kanker melalui skrining atau pemeriksaan mammogram (pemeriksaan menggunakan sinar X) terus diserukan bagi tiap wanita untuk mengetahui gejala kanker payudara.

Namun, bila Anda belum melakukan skrining atau pria yang ingin mengetahui gejala kanker lebih dini dapat memerhatikan 'lampu kuning' yang dirasakan pada tubuh.

Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo SpPD-KHOM, FACP, dokter spesialis onkologi membeberkan perubahan tubuh apa saja yang harus diperhatikan.

Bukan tanpa sebab, perubahan tubuh yang dirasakan bisa saja berpotensi kanker--tapi tetap harus melalui pemeriksaan mendalam.

"Hal ini dikarenakan karakteristik kanker, ada yang gejalanya mudah dideteksi, sulit dideteksi, bahkan ada yang tidak terdeteksi sama sekali. Untuk itu, kalau Anda merasakan perubahan tubuh yang tidak normal, sebaiknya jangan diabaikan," kata dr Aru dalam sesi tanya jawab dalam konferensi pers peringatan Hari Kanker Sedunia 2017, Kamis (9/2/2017) di Yayasan Kanker Indonesia, Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berat badan turun

1. Berat badan turun drastis tanpa pengurangan makanan

Anda patut memerhatikan bila berat badan tiba-tiba turun drastis sementara porsi makan tidak mengalami pengurangan.

2. Benjolan

Wanita perlu berhati-hati bila muncul benjolan di sekitar payudara. Dari fakta yang ada, benjolan berpotensi kanker sebanyak 20 persen, sedangkan 80 persen benjolan termasuk aman.

Walaupun begitu, tak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter agar benjolan segera mendapat penanganan segera.

3. Lesu dan lelah

Jika Anda merasakan lesu dan lelah kemudian cek hemoglobin (Hb), ternyata Hb Anda turun. Anda sebaiknya ke dokter, gejala tersebut dinilai tidak normal.

3 dari 3 halaman

Rasa sakit tidak hilang

4. Rasa sakit tidak hilang-hilang disertai keluhan

Apabila Anda merasakan rasa sakit di bagian tubuh tertentu dan tidak hilang-hilang, maka Anda perlu mewaspadai. Apalagi disertai keluhan, misal terlalu sakit sehingga menghambat pergerakan tubuh.

5. Pendarahan di tempat-tempat yang tidak lazim

Jika Anda mengalami pendarahan di tempat-tempat tidak lazim, seperti dubur atau bagi pria di penis. Anda harus mewaspadai hal tersebut.

6. Nyeri

Anda boleh saja mengabaikan dan bilang "tidak ada apa-apa" saat merasakan nyeri. Tapi sebaiknya, Anda tidak boleh terlalu lama mengabaikan, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Hal itu bisa saja gejala kanker sehingga memerlukan pemeriksaan bertahap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini