Sukses

5 Tips bagi Anggota Pemula di Pusat Kebugaran

Jika Anda baru pertama kali mencoba treadmill atau berolahraga di gym, berikut ini adalah lima hal yang perlu Anda ketahui,

Liputan6.com, Jakarta Gym atau pusat kebugaran biasanya menjadi tempat bagi orang-orang yang ingin melatih dan membentuk tubuhnya agar ideal dan bugar. Namun bagi Anda yang mungkin belum pernah menginjakkan kaki ataupun berolahgara di sana, seringkali tempat tersebut menjadi super menakutkan. Tidak hanya alat-alatnya saja yang terlihat asing bagi pemula seperti Anda, tetapi ada juga beberapa hal yang mungkin perlu diketahui ketika berada di pusat kebugaran.

Jika Anda baru pertama kali mencoba treadmill atau berolahraga di gym, berikut ini adalah lima hal yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Awesomenesstv, Senin (6/2/2017):

1. Gunakan ruang loker

Kebanyakan tempat kebugaran memiliki ruang loker, sehingga sangat bagus jika Anda membawa gembok untuk menyimpan barang-barang pribadi Anda di dalam loker agar aman. Namun jika tidak, bawalah barang-barang penting milik Anda, seperti botol minum, dompet, dan ponsel saat berolahraga.

2. Tidak bermain smartphone

Anda ke pusat kebugaran untuk berolahraga dan berkeringat, bukan untuk bermain smartphone. Jika Anda lebih banyak bermain ponsel saat nge-gym, maka tentunya Anda pun jadi tidak maksimal berolahraga.

Lebih baik, coba anggap bahwa sesi olahraga tersebut sebagai waktu untuk sejenak memutuskan hubungan dengan dunia luar, dan saatnya untuk terhubung dengan tubuh Anda. Namun jika membutuhkan musik selama berolahraga, ubah Hp Anda ke mode Airplane dan dengarkan lagu favorit tanpa perlu terganggu dengan 'dunia luar'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan peralatan yang akan dipakai

3. Bersihkan peralatan yang akan dipakai

Alat-alat olahraga di gym biasanya penuh dengan bakteri dan keringat orang lain. Itu sebabnya ada beberapa peralatan olahraga yang perlu dibersihkan setiap kali Anda akan menggunakan atau sesudah memakainya, seperti misalnya treadmill atau leg press. Dan ingat, selalu cuci tangan Anda sesudah berolahraga.

4. Tidak ada orang lain yang menonton Anda

Terkadang saat pergi ke gym yang penuh dengan orang-orang dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dan seolah semua mata tertuju pada Anda sehingga akhirnya membuat canggung dan gugup. Namun tahukah Anda, sebenarnya tidak ada orang yang benar-benar menonton Anda saat di gym. Karena mereka semua biasanya fokus pada latihan yang sedang mereka lakukan, sehingga Anda juga harus fokus pada latihan Anda.

Jadi jika nanti Anda pertama kali pergi ke gym, cuek saja dan pakai semua alat olahraga yang ingin Anda pakai di sana. Fokuslah pada latihan yang sedang Anda lakukan.

5. Minta bantuan

Jika Anda bingung menggunakan peralatan olahraga yang terlihat asing, coba tanyakan hal ini dan minta bantuan ke pelatih gym. Mereka biasanya akan senang untuk menunjukkan bagaimana cara yang benar dalam menggunakan peralatan tersebut. Namun jika tidak, Anda juga bisa meminta tips dari seorang teman yang sudah terbiasa ke gym mengenai cara menggunakan alat-alat tersebut, dan bagaimana cara berolahraga yang baik, agar tubuh Anda bisa ikut menjadi kuat.

Ingat juga, bahwa setiap orang di gym awalnya juga seorang pemula seperti Anda sekarang ini, sehingga lambat laun pun Anda juga bisa menjadi seseorang yang pro. Intinya, jangan mudah menyerah dan bosan untuk bisa memiliki tubuh yang sehat serta bugar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini