Sukses

Anak Batuk, Kapan Perlu Ke Dokter?

Orangtua sesungguhnya tak perlu terlalu panik bila anak batuk.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua mana yang ingin anaknya sakit, anak batuk saja sudah membuat khawatir. Tak jarang orangtua langsung membawa ke dokter agar batuk anak segera reda.

Orangtua sesungguhnya tak perlu terlalu panik bila anak batuk. Penyebab batuk pada anak itu seringkali karena virus. Pada kasus seperti ini, batuk biasanya akan sembuh tanpa pengobatan, seperti dituturkan dokter spesialis anak RS Evasari Awal Bros, Jakarta Pusat, Darmady Darmawan.

Namun jika batuk disertai dengan gejala lain salah satunya demam tinggi (di atas 39-40 derajat Celsius) perlu segera dibawa ke dokter.

"Lalu bila anak saat batuk terlihat lemas, sesak, tidak mau makan atau minum, muntah, muka kebiruan itu perlu segera di bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," tutur Darmady ditemui Jumat (3/2/2017).

Jika batuk dengan kondisi di atas dibiarkan, kata Darmady, nanti bisa berkelanjutan. Dari batuk nanti bisa menimbulkan infeksi baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.