Sukses

11 Trik Tingkatkan Kesempatan Hamil

Sebenarnya ada beberapa trik untuk meningkatkan kesempatan hamil.

Liputan6.com, Jakarta Hamil menjadi momen yang ditunggu-tunggu sebagian besar wanita. Berbagai cara telah dilakukan agar memiliki momongan. Sebenarnya ada beberapa trik untuk meningkatkan kesempatan hamil.

Apabila Anda sudah melakukan semua langkah medis agar hamil, Anda tentu menjaga kebugaran dan melakukan strategi gaya hidup untuk mengoptimalkan kesehatan untuk hamil.

Situs Foxnews berbagi tips untuk meningkatkan peluang hamil seperti ditulis Jillian Michaels dalam Yeah Baby! :

1. Lepas kontrasepsi

Apabila Anda menggunakan alat kontrasepsi, maka lepaskan. Anda mungkin segera berovulasi atau bisa memakan waktu beberapa bulan bagi tubuh untuk menyesuaikan dan menghasilkan siklus bulanan.

Apabila Anda menggunakan IUD, maka dokter harus melepaskannya dan setelah itu tubuh Anda siap untuk hamil. Dan jika Anda menggunakan beberapa jenis metode penghalang (kondom, diafragma, atau spermisida), Anda subur selama Anda tidak menggunakannya.

Banyak orang yang berhenti menggunakan kontrasepsi jangka panjang dan menggunakan metode penghalang sampai mereka benar-benar siap untuk hamil.

Jangan panik apabila Anda tak segera hamil. Ini hanya memberi Anda waktu lebih banyak untuk mempersiapkan tubuh Anda.

2. Berhenti merokok, sekarang

Serius. Jika Anda merokok atau pasangan Anda merokok, sebaiknya segera berhenti. Memang ini lebih mudah diucapkan dibanding dilakukan. Tapi, apabila ada keajaiban Anda berhasil hamil meski merokok, Anda tentu tak ingin anak mendapat racun mengerikan di dalam rahim.

Dan jika Anda berpikir, "Saya akan merokok sampai saya hamil dan kemudian berhenti," merokok berdampak serius bagi kesuburan Anda serta pasangan Anda.

Pada pria, nikotin merusak DNA sperma. Pada wanita, merokok ketika mencoba untuk hamil secara radikal mengurangi kemungkinan Anda untuk hamil dan juga meningkatkan risiko kehamilan ektopik, keguguran, penurunan jumlah folikel, dan potensi kerusakan DNA dalam folikel.

Dr Suzanne Gilberg-Lenz, seorang ob-gyn di Beverly Hills, mengatakan merokok juga menyebabkan hambatan pertumbuhan janin dan disfungsi plasenta

Beberapa memperkirakan setiap tahun Anda merokok 10 batang atau lebih dalam sehari usia ovarium 4 tahun. Perokok lebih dari 50 persen lebih mungkin menunggu satu tahun atau lebih lama untuk hamil dibanding non-perokok. Untungnya, beberapa efek ini sebagian dapat membalikkan diri setelah Anda berhenti merokok. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kurangi kafein

3. Kurangi kafein

Apabila biasanya Anda minum satu atau dua cangkir kopi atau teh setiap hari, Anda baik-baik saja. Tapi jika Anda seorang pengonsumsi berat kafein (kopi, teh, asoda, atau bahkan lebih buruk, diet soda!), Anda perlu mengurangi kembali ke sekitar 150 miligram per hari, atau sekitar satu cangkir kopi untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Penelitian telah menghubungkan konsumsi berlebihan kafein (di atas 500 mg sampai 1.000 mg, atau 4-6 cangkir setiap hari) dengan keguguran atau bayi lahir mati.

Kafein adalah diuretik yang mencuci kalsium dan nutrisi kunci kehamilan lainnya keluar dari sistem Anda sebelum mereka benar-benar diserap. Kafein juga stimulan, sehingga menimbulkan denyut jantung dan dapat menyebabkan insomnia dan berkontribusi pada heartburn.

4. Hindari minuman keras

Banyak penelitian saat ini menunjukkan alkohol dapat mempengaruhi kesuburan Anda. Memang ada penelitian yang menyebutkan alkohol dalam jumlah sedang baik-baik saja, dan banyak wanita yang mengaku mereka masih minum sampai hari mereka tahu hamil namun tak mengalami komplikasi apapun.

Tentu saja, alkohol tidak selalu menimbulkan masalah bagi setiap orang, tetapi beberapa orang lebih dipengaruhi alkohol daripada yang lain.

Sebuah studi Denmark menunjukkan minum antara satu dan lima minuman seminggu dapat mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk hamil, dan 10 minuman atau lebih mengurangi kemungkinan pembuahan.

Sebuah studi 2009 yang dilakukan di Harvard University pada pasangan yang menjalani IVF menunjukkan perempuan yang minum lebih dari enam gelas per minggu maka 18 persen lebih kecil kemungkinannya untuk hamil, sedangkan laki-laki 14 persen lebih rendah. Faktanya adalah alkohol dapat mengacaukan estrogen dan hormon reproduksi lainnya, memperpanjang siklus bulanan Anda, dan meningkatkan kemungkinan Anda tidak akan mengalami ovulasi sama sekali. Tidak ada ovulasi, tidak ada telur. Tidak ada telur, tidak ada bayi. 

 

3 dari 4 halaman

Hindari obat terlarang

5. Hindari obat-obatan terlarang

Obat-obatan terlarang mempengaruhi kemampuan Anda untuk hamil, tetapi lebih mengkhawatirkan adalah jika Anda hamil saat masih mengonsumsi dan tidak tahu itu. Obat-obatan seperti mariyuana, kokain, Molly, dan apa pun itu mengerikan untuk bayi. Narkoba menyebabkan penundaan perkembangan bayi, menurunkan IQ, dan keterbelakangan mental.

6. Mengurangi bahaya lingkungan

Anda tidak akan percaya berapa banyak polutan yang ada di rumah Anda sendiri.
Dari kimia beracun di furnitur hingga ke biohazards di produk-produk kesehatan, ini membuat kita menyadari dikelilingi bahan kimia.

7. Miliki berat badan sehat

Berat badan memiliki efek langsung pada kemampuan untuk hamil, keselamatan kehamilan, dan kesehatan bayi. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, sekarang waktunya mengurangi hingga berat badan sehat.

Ini memang tidak mudah. Bagi sebagian orang, tampaknya seperti suatu kemustahilan. Namun, jika Anda tidak pernah memiliki motivasi sebelumnya, ini bisa membantu Anda mewujudkannya untuk diri sendiri.

8. Minum vitamin prenatal

Makanan adalah cara yang ideal untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan, kebenaran yang menyedihkan adalah saat ini, diet sehat tidak selalu memenuhinya.

Untuk mencegah defisiensi, dokter akan merekomendasikan vitamin prenatal. 

 

4 dari 4 halaman

Makan secara optimal

9. Makanlah secara optimal

Hanya karena Anda minum suplemen bukan berarti Anda tidak harus memperhatikan diri Anda sudah mendapatkan nutrisi yang tepat dari makanan Anda. Tidak ada yang dapat menggantikan diet padat nutrisi.

10. Rileks

Salah satu cara untuk hamil adalah rileks. Hampir setiap dokter akan memberitahu Anda bahwa langkah ini menjadi salah satu yang paling penting. Stres dan ketegangan, apakah itu terkait dengan hamil atau kehidupan, bisa membuat hamil dua kali lebih keras.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction, ilmuwan menemukan, di antara perempuan yang mencoba untuk hamil, orang-orang dengan tingkat tertinggi alpha-amilase (protein dalam air liur yang menggunakan peneliti sebagai biomarker untuk stres) lebih dari dua kali lipat risiko infertilitas dibandingkan dengan mereka dengan tingkat terendah.

11. Pertimbangkan pengobatan alternatif

Anda bisa saja menggunakan alternatif atau terapi holistik. Apabila Anda memiliki sarana, bisa mempertimbangkan menggunakan ahli akupunktur yang mengkhususkan diri dalam kehamilan, jika itu terasa tepat untuk Anda. Atau mempertimbangkan pengobatan alternatif lainnya, seperti perawatan chiropractic, terapi pijat, atau seorang dokter Ayurvedic.

Jika Anda sudah teratur pergi ke chiropractor, ahli akupunktur, terapis pijat, jamu, dokter Ayurvedic, atau praktisi kesehatan integratif jenis lainnya, Anda juga harus memberitahu mereka tentang rencana kehamilan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini